Sukses

Beauty

Menurut Studi, Kesepian Berisiko Memperburuk Kualitas Tidur

Beberapa bulan yang lalu, para ahli menemukan bahwa kesepian meningkatkan risiko mati muda atau serangan jantung. Kali ini, sebuah studi baru yang dilakukan para ahli di King's College London menemukan bahwa kesepian berhubungan erat dengan kualitas tidur seseorang.

Dikutip dari laman boldsky.com, baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang tua berisiko besar mengalami kesulitan tidur ketika mereka merasa kesepian. Lebih dari 24% orang yang kesepian dinyatakan memiliki kualitas tidur buruk dan memiliki perasaan cemas berlebih saat malam.

Profesor Louise Arseneault dari King's College London mengatakan, "Kualitas tidur yang buruk atau kurang baik salah satunya disebabkan oleh perasaan kesepian. Ini menyebabkan perasaan was-was, kurang nyaman dan takut. Meski begitu, pola hidup, pola makan dan kenyamanan tempat tidur sebenarnya juga berperan penting terhadap kualitas tidur seseorang."

Kesepian bikin kualitas tidur buruk | Copyright by Thinkstockphotos.com

Kesepian umumnya menjadikan seseorang merasa sangat gelisah dan kurang aman. Mengenai kesepian sendiri, ini tidak serta merta karena tidak adanya teman spesial dalam hidup (pasangan). Lebih jauh, perasaan kesepian juga terjadi karena hubungan dengan keluarga jauh, ketidakpedulian orang-orang di sekitar juga kebiasaan acuh tak acuh dengan orang lain.

"Kami menemukan kesepian bisa disebabkan banyak hal. Bukan hanya karena tidak adanya pasangan. Masa lalu yang buruk, hubungan kekeluargaan yang buruk, tidak adanya teman, kepedulian orang sekitar kurang dan masih banyak lagi menjadi penyebab kesepian di luar ketiadaan pasangan. Orang-orang yang kesepian identik dengan perasaan gelisah, tidak aman dan ketakutan. Ini sangat memperburuk kualitas tidur dan waktu istirahatnya," ungkap Timothy Matthews dari King's College London.

Well Ladies, agar kualitas tidur kamu tak buruk, usahakan agar senantiasa merasa bahagia dan jauhi kesepian. Bangun hubungan dengan orang-orang terdekat dan senantiasa merasa lah aman serta nyaman.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading