Sukses

Beauty

Murung karena Liburan Berakhir? Waspada Post-Holiday Blues

Hal yang paling tidak menyenangkan dari liburan adalah ketika liburan itu sudah berakhir. Bawaannya pun jadi murung dan perasaan jadi nggak karuan. Andai bisa memutar ulang waktu, ingin sekali bisa kembali ke awal-awal masa liburan dan memperpanjangnya.

Kondisi murung atau malah depresi ketika liburan berakhir ini bisa jadi tanda kamu mengalami kondisi yang disebut post-holiday blues. Kondisi yang juga disebut post-vacation blues ini sebenarnya bukan hal yang mengancam atau berbahaya. Tapi kamu akan melewati fase-fase yang memberimu sedikit rasa tak nyaman selama beberapa waktu.

Awalnya Sok Tenang Tapi Kemudian Panik Sendiri
Post-holiday blues ini biasanya dialami oleh orang-orang yang liburan dengan melakukan perjalanan panjang, termasuk perjalanan mudik. Ketika tahu liburan akan segera berakhir, awalnya mencoba untuk menenangkan diri. Sok merasa baik-baik saja, tapi kemudian panik sendiri. Hati dan perasaan jadi nggak tenang sama sekali. Rasanya belum siap menerima kenyataan kalau liburan sudah benar-benar berakhir.

Badan Rasanya Capek Luar Biasa
Sudah mencoba untuk mendapatkan jam tidur dan istirahat yang cukup tapi badan rasanya masih tetap capek luar biasa. Nggak ada semangat sama sekali untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Alih-alih, ingin menghabiskan waktu bermalas-malasan saja.

Ingin Marah-Marah dan Ngomel Terus
Rasanya ingin protes dan marah, tapi kamu nggak tahu cara atau bagaimana menyalurkan emosi tersebut. Akhirnya kamu malah ngomel-ngomel terus. Semua yang ada di sekitarmu nggak ada yang terasa benar. Semua serba salah dan segalanya terasa nggak karuan.

Susah untuk Kembali Fokus atau Berkonsentrasi
Hari pertama masuk kerja atau kembali beraktivitas seperti biasa, tadinya sudah semangat. Tapi kemudian susah sekali untuk kembali fokus atau berkonsentrasi seperti biasa. Waktu berlalu begitu saja dan rasanya tidak semangat untuk kembali aktif atau produktif seperti biasa. Pekerjaan yang tadinya bisa dengan mudah kamu lakukan kini terasa sangat sulit untuk sekadar disentuh.

Akhirnya Mencoba untuk Berdamai
Meski awalnya terasa sangat susah dan berat, tapi akhirnya kamu mencoba berdamai. "Ya sudah, yang berlalu ya sudah berlalu saja." "Mau gimana lagi, waktu liburan memang sudah habis." Kamu pada akhirnya mencoba untuk berdamai, mencoba untuk kembali fokus melakukan yang ada pada hari ini. Dan untuk bisa kembali semangat, kamu mencoba untuk mulai membuat rencana baru untuk liburan yang selanjutnya.

Perasaan murung, nggak semangat, atau lemas saat liburan berakhir memang hal yang lumrah. Tapi jangan sampai hal itu membuatmu jadi depresi berat. Sekarang yuk fokus kembali melakukan kegiatan dan rutinitas yang lebih produktif dari biasanya. Semangat, ladies!




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading