Sukses

Beauty

Mengapa Kita Sering Ketagihan Lihat Media Sosial? Ini Alasannya!

Hampir setiap orang pasti punya akun media sosial, bahkan jika sudah tidak terlalu aktif lagi. Tapi kebanyakan orang masih suka menghabiskan waktu mengecek sosmed karena berbagai alasan. Karena fenomena inilah, penelitian dilakukan untuk mengetahui mengapa banyak orang punya kecenderungan ketagihan main sosmed. Kamu sendiri pasti penasaran kan?

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Society Networking, menemukan bahwa logo media sosial lah yang jadi salah satu pemicu ketertarikan kita untuk masuk ke dalamnya, selain dorongan rasa penasaran.

Peneliti asal Belanda di Michigan State University bertanya pada partisipan gambar mana yang lebih menarik dan mereka pilih antara logo medsos dan gambar biasa. Peneliti memperkirakan, mereka yang sering pakai media sosial akan lebih memilih logo medsos, dan benar saja.

Co-author Allison Eden, Ph.D., mengungkapkan, bahkan jika mereka mengatakan mereka benci menghabiskan banyak waktu kepo di social media, nyatanya kebanyakan dari mereka masih sulit lepas dari kebiasaan mengecek social media. Semakin sering kamu menggunakan media sosial, semakin kuat ketertarikan menggunakannya lagi karena kamu mendapatkan kesenangan saat menggunakannya.

Cara terbaik mengurangi kebiasaan mengecek media sosial adalah dengan menghapus icon-nya di smartphone atau menyembunyikannya di folder tertentu agar tidak mudah diakses. Mencari kegiatan lain yang lebih positif sehingga kurang perhatian terhadap media sosial.

Jadi sekarang kamu tidak heran kan mengapa banyak orang, bahkan kamu sendiri suka ketagihan mengecek media sosial dan selalu melihat layar gadget?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading