KAPANLAGI NETWORK
MORE

Tanda Postpartum Depression, Wajib Diketahui Calon Ibu

Jum'at, 19 Mei 2017 16:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Foto Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sebagai seorang wanita yang sudah melahirkan, maka tugas baru pun menanti. Menjadi ibu adalah satu hal yang baru, tentu banyak hal yang perlu dihadapi. Tidak semua wanita dapat menghadapinya. Hal inilah yang menyebabkan muncul depresi setelah melahirkan. Pengaruh emosi dan kejiwaan berpengaruh pada kondisi sang ibu. Ironisnya hal ini berpengaruh pada arah yang negatif.

Ladies, berikut ini adalah faktor penyebab postpartum depression yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  • Faktor Emosi yang Tidak Stabil

    Kondisi emosi yang belum stabil, dan belum cukup cakap untuk mengendalikan emosi dapat menyebabkan depresi pada ibu. Setelah melahirkan banyak tuntutan yang menyebabkan seorang wanita merasa kurang tenang sehingga menyebapkan depresi.

  • Kondisi Fisik

    Setelah melahirkan hormon dalam tubuh belum seimbang. Sehingga menyebabkan stres. Kecapekan karena status baru pun bisa menjadi penyebap turunnya daya tahan tubuh. Akibatnya, kondisi psikis ibu pun berpengaruh.

  • Masalah Kondisi Ekonomi

    Kondisi ekonomi ini sangat berpengaruh pada kondisi psikis ibu. Rasa takut dan cemas tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan anak akan menyebabkan ibu merasa depresi. Maka tidak heran jika postpartum depression banyak menyerang ibu dengan kondisi ekonomi mengengah ke bawah.

  • Faktor Psikologi

    Salah satu penyebab utama depresi pasca melahirkan adalah sikap perfeksionis seorang ibu. Belum kesiapan seorang wanita menjadi ibu pun dapat menyebabkan depresi. Selain itu anggapan pernikahan dan karier sebagai beban pun dapat menyebabkan depresi ini. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan psikolog selama masa kehamilan akan membantu kamu merasa lebih tenang.

  • Faktor Traumatis

    Kondisi masa lalu yang tidak menyenangkan terutama bersama keluarga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi seorang ibu mengalami depresi pasca melahirkan. Hubungan yang tidak menyenangkan bersama orangtua bisa menjadi penyebab utama hal ini.

Ladies, demikian 5 tanda postpartum depression yang harus kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Tips Mudik Bersama Anak
PRODUK REKOMENDASI