Sukses

Beauty

Uji Penelitian, Kamu Akan Makin Susah Tidur Usia 30 Tahun ke Atas

Penting sekali punya kualitas tidur yang baik setiap malam jika kamu ingin menjalani esok hari yang segar dan bersemangat. Cukup tidur bukan hanya mampu mengembalikan kinerja otak yang optimal namun juga mengendalikan mood yang baik sepanjang hari.

Tapi ternyata, seperti dikutip dari New York Magazine dalam kolom Science of Us, seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami banyak perubahan sehingga kamu akan mengalami masalah tidur.

Seperti juga diungkapkan oleh Mark Barna dalam artikelnya di majalah Discover, menurut penelitian Sleep and Human Aging yang dilakukan oleh para peneliti asal University of California, Berkeley, menemukan bahwa kebanyakan orang tua mengalami masalah susah tidur dikarenakan perubahan psikologis ketika bertambahnya usia.

Perubahan ini mulai terlihat saat kamu memasuki angka 30-an tahun. Penuaan seseorang memengaruhi kinerja neurochemical di dalam tubuh yang mengatur kapan tubuh bangun dan tertidur. Hal ini akan menimbulkan sikap mudah marah dan tersinggung pada banyak orang lanjut usia.

Keadaan ini secara alami memang akan terjadi pada tubuh saat menua dan sayangnya, tidak bisa dihindari. Namun ada cara agar prosesnya bisa diperlambat seperti diungkapkan Mark Barna dalam Science of Us, yaitu dengan tidak tidur terlalu awal.

Jika berencana tidur tapi kamu tidak bisa tidur, sebaiknya lakukan aktivitas seperti membaca atau kegiatan lainnya yang tidak membutuhkan alat elektronik, sebelum akhirnya merasa mengantuk. Cara ini bisa membuat pola bangun tidur yang sama esok harinya, sehingga tidur lebih teratur. Dan saat bangun tidur, usahakan mendapatkan sinar matahari pagi 30 menit setelah bangun.

Itu dia yang bisa kamu lakukan jika kamu merasa mulai mengalami masalah tidur setelah usia bertambah tua ladies. Pastikan juga menjaga gaya hidup sehat ya agar bisa memperlambat proses penuaan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading