KAPANLAGI NETWORK
MORE

Punya Hobi Mengoleksi Benda Tertentu? Ini Manfaatnya untuk Otakmu

Kamis, 20 April 2017 10:00 Penulis: Endah Wijayanti
Foto: copyright Unpopulart - Fitria Ayu

Vemale.com - Punya hobi mengoleksi benda atau barang tertentu? Seperti tas, sepatu, buku, dan lain sebagainya? Punya hobi mengoleksi sesuatu sepintas seperti buang-buang uang atau pemborosan. Tapi ternyata hobi ini bisa memberi manfaat dan efek positif yang baik untuk otak, lho.

Punya hobi mengoleksi barang tertentu pada dasarnya memang nggak pernah ada habisnya. Setiap kali ada barang baru pasti dicari. Ada yang antik pun bakal diburu. Dari waktu ke waktu, jumlah koleksi terus bertambah. Dan memang ada kesenangan dan keseruan sendiri dari hobi ini.

Manfaat hobi mengoleksi benda tertentu ternyata sangat bagus untuk otak. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di bawah ini.

Meningkatkan Kemampuan Observasi
Saat menata atau mengatur benda-benda koleksi, kita akan lebih teliti dan jeli. Setiap benda harus dirawat sebaik mungkin. Bahkan hafal betul dengan ciri khas setiap benda yang dimiliki. Hal ini secara tidak langsung membantu meningkatkan kemampuan observasi kita.

Seperti yang dilansir oleh rewireme.com, memiliki hobi mengoleksi sesuatu juga membantu meningkatkan kemampuan untuk mengatur dan memilah-milah. Ambil contoh, kamu punya hobi mengoleksi jam tangan. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menata dan merapikan sesuai dengan kategori tertentu seperti warna, desain, dan merek. Kegiatan ini pun nantinya bisa memberi efek meningkatkan kemampuan otak berpikir lebih mudah ketika dihadapkan pada situasi acak dan perlu mengorganisasinya sedemikian rupa.


Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola
Michele dan Robert Root-Bernstein seperti yang dilansir dari psychologytoday.com, menyebutkan bahwa seorang kolektor bisa dengan mudah mengenali sesuatu yang tidak cocok dengan pola koleksi yang dimiliki. Apakah ada benda yang masuk di kategori yang salah? Benarkah benda ini masuk ke kategori tersebut? Kegiatan ini bisa bantu meningkatkan kemampuan kita mengenal pola dengan lebih baik.

Merangsang Otak untuk Belajar Lebih Banyak Hal-Hal Baru
Dapat koleksi baru, kita bakal betah menggali info dan deskripsi lengkap tentangnya. Rasa bahagia dan puas ketika bisa mengetahui hal-hal baru dari koleksi yang kita punya akan membuat kita memiliki semangat untuk terus belajar. Hal ini akan membuat kita jadi terus terpacu untuk belajar banyak hal baru lagi.

Meningkatkan Daya Kreativitas
Seniman dan penulis biasanya memiliki koleksi benda yang bisa membantunya merangsang daya kreativitas. Memiliki koleksi tertentu bisa bantu meningkatkan kreativitas dan memicu munculnya banyak ide baru. Kenapa bisa begitu? Saat kita punya koleksi tertentu, kita bisa tenggelam dalam keasyikan bermain dan mengumpulkan koleksi tersebut. Ada hal-hal baru yang muncul di dalamnya. Kita jadi bisa melihat sesuatu dari cara dan sudut pandang berbeda.

Benda yang kita koleksi juga bisa jadi patokan soal bidang karier yang paling cocok untuk kita. Contohnya, seseorang yang hobi mengoleksi baju atau fashion unik bisa berbakat jadi fashion stylist. Minat kita pada koleksi benda tertentu bisa mengarahkan kita ke bidang karier yang paling pas untuk ditekuni dalam jangka panjang.


Otak Nggak Gampang Stres
Pada dasarnya memiliki sebuah hobi itu sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan mental dan pikiran. Saat menekuni suatu hobi, kita akan fokus pada hobi tersebut. Sehingga bisa melupakan berbagai masalah atau persoalan yang dihadapi sejenak. Pikiran jadi lebih rileks dan ringan. Stres pun bisa lenyap dalam kurun waktu singkat.

Kalau bisa ditekuni dengan baik, hobi mengoleksi benda tertentu memang bisa memberi dampak positif. Bahkan bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kalau kamu sendiri, punya hobi mengoleksi apa, Ladies?



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Baby Margaretha Akui Salah Langkah Awali Karir