Sukses

Beauty

Waspada, Wanita yang Kecanduan Gadget Rentan Depresi

Dalam sehari, berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk menatap layar gadget dan terpaku oleh segala informasi maupun komunikasi di dalamnya? Di era modern seperti sekarang ini, gadget bukanlah hal baru bagi kita semua. Dan bisa dipastikan, hampir semua dari kita memakai gadget di kehidupan sehari-hari.

Gadget bisa membuat kita bahagia dan sedih dalam waktu bersamaan. Gadget, juga bisa membuat kita memiliki sederet harapan yang mungkin saja hanya ada di angan-angan. Parahnya lagi, gadget rupanya bisa membuat kita rentan terhadap depresi, rasa iri juga dengki.

Dikutip dari laman asiantown.net, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa wanita yang kecanduan gadget rentan mengalami stres dan depresi. Para peneliti di Binghamton University, New York menemukan jika gadget bisa memicu seseorang untuk bahagia dengan cepat, tapi juga bisa memicunya menjadi depresi dan dilanda rasa bosan hebat.

Dr Isaac Vaghefi mengatakan, "Gadget telah mengubah gaya hidup. Ada banyak layanan singkat di dalamnya yang memicu kepuasan batin dan kebahagiaan. Ini yang akhirnya memaksa kita agar memiliki kebahagiaan lain dengan cepat di kehidupan nyata. Jika kita tak mendapatkannya, dipastikan bahwa kita akan merasa terluka, kecewa dan depresi. Temuan kami menemukan bahwa wanita jauh lebih rentan terhadap rasa bosan dan depresi ini."

Peneliti yang melakukan penelitian terhadap 128 mahasiswa menemukan bahwa mereka yang kecanduan gadget tak hanya mudah depresi saja. Lebih jauh, mereka yang kecanduan gadget, lebih nyaman komunikasi melalui sosial media dan sejenisnya akan mengalami kesulitan saat berhubungan sosial dengan orang di sekitarnya. Mereka juga ditemukan mengalami perasaan kurang nyaman saat di tempat kerja atau berkumpul dengan banyak orang.

Para ahli juga menemukan bahwa wanita berusia 18 sampai 24 tahun lebih mudah kecanduan gadget. 77 persen di antara mereka bahkan rentan terhadap depresi. Dibandingkan dengan pria, sebanyak 3,6 kali wanita lebih mudah terhipnotis oleh kecanggihan gadget dan berlarut-larut di dalamnya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading