Sukses

Beauty

Mengapa Suara Alam Bisa Buatmu Santai? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ketika pekerjaan menguras waktu dan tenagamu, ketika kamu disibukkan dengan banyak orang dan suasana yang ramai, yang kamu butuhkan pasti adalah istirahat di tempat yang tenang. Suasana alam yang damai dan menyejukkan, pasti jadi surga yang mampu mengembalikan semangatmu.

Tapi tahukah kamu mengapa suasana dan suara alam bisa membuatmu rileks? Ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho. Menurut sebuah penelitian, suasana dan suara alam bisa mengubah respon di otak, mengurangi tekanan dan insting otak untuk bekerja berlebihan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports ini mencoba merekam reaksi otak, detak jantung dan respon perilaku secara psikologis tubuh terhadap suasana dan suara alam. Peneliti asal Brighton and Sussex Medical School ini memberi rekaman suara alam selama lima menit terhadap 17 orang partisipan dewasa.

Selama diperdengarkan suara alam, peneliti menemukan bahwa aktivitas otak berubah, sistem saraf menurunkan respon stres dan meningkatkan respon parasimpatis, di mana otak membantu tubuh merasa tenang dan santai. Itulah mengapa, setiap kali kamu jalan-jalan ke gunung atau ke danau, kamu akan merasa lebih stabil secara emosi.

Suara alam, alam terbuka dengan suasana hijau menyegarkan memang berhubungan erat dengan reaksi relaksasi sejak dahulu. Peneliti juga menyarankan, bahkan jalan-jalan beberapa menit saja di alam mampu memberi manfaat ketenangan di dalam tubuh. Kalau pun tak bisa jalan-jalan di alam terbuka, mendengarkan rekaman suara alam saja sudah bisa membuatmu lebih rileks.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading