KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SEGAR DAN RILEKS

Ketika Tidur Jadi Barang Mahal (III)

Sabtu, 01 Oktober 2011 12:10 Penulis:
(c) healthy-talks
Vemale.com -

Agar Bisa Tidur Nyenyak..

1. Siapkan diri untuk tidur (waktu yang tepat)

2. Lakukan ritual yang menyenangkan, misalnya mandi terlebih dahulu,oleskan cream malam, dengarkan musik atau membaca buku yang ringan.

3. Nikmati setiap sensasi yang ada di dalam ruangan, mulai dari suara gemericik air atau wewangian aroma terapi yang Anda sukai.

4. Matikan handphone, televisi, dan komputer. Jadikan kamar memang sebagai ruangan tidur bukan tempat untuk menonton ataupun bekerja.

5. Gunakan perlengkapan tidur yang nyaman (bantal, kasur, sprei juga selimutnya).

6. Minum air putih lebih baik.

7. Perhatikan suhu ruangan dan sirkulasi udara.

Yuk, Menata Kamar Tidur


Kamar adalah ruang pribadi yang dapat memberikan kenyamanan saat beristirahat dan merebahkan tubuh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut Sabarli, desainer interior, untuk kenyamanan tidur pilihlah warna lembut. Misalnya biru muda, coklat yang sangat muda, dan putih kecokelatan. Sedangkan desain furniture, sebaiknya pilih yang sederhana dengan warna natural kayu sehingga kesan hangat dan lembut terasa. Tempat tidur sebaiknya juga tidak menempel pada salah satu dinding. Ini membuat Anda bebas menentukan dari arah mana Anda ingin memulai aktivitas tidur. Sedangkan pencahayaan, pilih yang temaram misalnya kuning redup, namun tidak gelap.

Teknik Akupuntur

Pengobatan asal Negeri Tirai Bambu ini telah diteliti melalui serangkaian uji coba pada kasus insomnia. Tentunya, dengan tingkat keberhasilan yang memuaskan. Anda tak perlu merasa takut saat jarum menancap di tubuh Anda. Cukup tenangkan pikiran dan rileks saja. Menurut Dr. Jaya Sjamsoedin, Ahli Akupuntur RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading Jakarta, prinsip pengobatan ini berupaya menyelaraskan aliran energi dalam titik meridien yang mengontrol fungsi tubuh kita. Umumnya, titik pilihan di kasus insomnia ini difokuskan pada bagian kepala, punggung dan pinggang. Gunanya untuk melancarkan titik aliran darah pada tubuh. Terapi ini sebaiknya dilakukan seminggu tiga kali, cukup dengan satu sesi terapi sebanyak 12 kali. Meskipun hasilnya tidak sama pada setiap orang, setidaknya tubuh akan terasa segar dan rileks.

Bioresonance

Satu terapi yang menggunakan getaran resonansi melalui otak adalah bioresonance. Teknologi yang memadukan pengobatan asal Cina dan Jerman ini, cukup digemari. Mereka yang mengalami gangguan tidur mulai meliriknya. “Getaran resonansi ini masuk melalui titik-titik meridien yang mengelilingi tubuh. Ini aman karena berada di bawah detak jantung,” ujar Lydia Dewi S, Direktur MEDEC Indonesia.

Mekanisme kerjanya, getaran resonansi berfungsi membersihkan sel-sel mati dan menambah sel-sel baru dalam tubuh. Umumnya, mereka yang datang didera stres hingga mengalami sulit tidur. Orang dengan insomnia bisa menggunakan program relaksasi. Treatment dengan getaran resonansi paling rendah dapat membantu Anda tidur nyenyak.

Sebelum melakukan bioresonance, Anda wajib dicek dahulu dengan biograf untuk mengetahui level energi. Tapi, pada umumnya, rata-rata yang datang energinya sangat rendah. “Pasien yang kurang tidur, akan berikan program untuk tidur,” tambahnya.

Spa dan Relaksasi

Perubahan suasana yang dominan serta sentuhan aromaterapi cukup banyak menghipnotis penderita insomnia terhanyut. Perlahan tapi pasti, keluhan gangguan tidur pada malam hari bisa menurun. Sejumlah tempat spa dan relaksasi menawarkan beragam teknik pijatan yang dipercaya dapat mengurangi gangguan tidur.

“Pijatan refleksi pada ujung jari kaki umumnya dapat meredakan rasa lelah, gelisah hingga tanpa sadar akhirnya Anda tertidur dengan sendirinya,” jelas Isa Ishadi manager operational Zen Family Spa and Reflexology. Pijatan ini menekan syaraf yang tadinya menegang menjadi rileks. Pengunjung sangat suka pada aroma pepermint dan juga aroma lavender, bahkan ada sebagian yang membelinya untuk di rumah. Aromaterapi dari rempah-rempah dan aroma bunga seperti melati, lavender, cendana atau anggrek bisa dijadikan pilihan untuk meredakan gangguan tidur Anda. Jadi, pilihlah aromaterapi yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Awas, Bisa Mengganggu Tidur

- Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan minuman bersoda.

- Makanan berprotein tinggi.

- Cokelat dan minuman cokelat.

- Alkohol

- Berolahraga di malam hari, lebih baik lakukan pagi atau sore hari.

Source: Fitness Magazine, Edisi Agustus 2011, Halaman 81

(Fitness/wsw)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Fitness