Sukses

Beauty

Berani Menangis dan Meluapkan Emosi, Dampaknya di Luar Dugaan

Ada anggapan kalau wanita yang gampang menangis itu cengeng dan lemah. Padahal sebenarnya justru kita perlu salut pada mereka yang berani menangis dan meluapkan emosi negatifnya. Karena menunjukkan kesedihan dan melepas emosi negatif itu bisa memberi dampak yang sangat baik.

Coba deh renungkan lagi. Saat kamu sedang bahagia, apakah kamu bisa menyembunyikan senyuman di bibir? Jadi kenapa saat kamu sedih dan kecewa kamu justru menyembunyikannya? Menyimpan perasaan negatif di hati justru akan jadi luka yang tak kunjung sembuh. Kamu akan selalu ingat rasa sakit itu karena kamu menyimpannya. Untuk itu menangis pun perlu. Dan ternyata dampaknya juga luar biasa.

    Membuang Racun dari Dalam Tubuh

    Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, ada sebuah penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa menangis bisa membuang racun di dalam tubuh, meningkatkan imunitas tubuh, dan membantu membunuh 90 jenis bakteri di dalam tubuh dalam waktu 5-10 menit. Selain itu, menangis bisa merangsang otak untuk melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai obat anti-nyeri alami. Ya, walaupun masalahmu nggak langsung beres saat kamu menangis tapi mengeluarkan air mata bisa jadi obat alami yang menenangkan hati.

    Lebih Bijak dalam Menghadapi Masalah Hidup

    Menangis akan menjadi cara termudah melepas stres, cemas, khawatir, takut, marah, kecewa dan frustasi yang selama ini kamu rasakan. Perasaan negatif akan keluar dan membuat tubuhmu sehat secara fisik dan mental. Setelah menangis, kamu akan merasakan perasaan plong luar biasa. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk berpikir jernih dan lebih bijak dalam mengatasi masalah yang ada.

    Mendorong Diri untuk Lebih Banyak Bersyukur

    Saat kamu membiarkan diri sendiri merasakan kesedihan dan tak mampu bertahan, kamu akan sadar bahwa menangis itu normal. Kamu akan jadi lebih menghargai diri sendiri dan tidak meremehkan orang yang menangis. Pada akhirnya, kamu lebih bersyukur karena kamu bisa bertahan selama ini.

    Meningkatkan Kekuatan dan Kestabilan Mental

    Menangis karena suatu hal bukan berarti kamu lemah. Justru itu tanda bahwa kamu juga manusia. Kamu punya perasaan dan terkadang ketika semua tak berjalan normal dan keluar batas, kamu juga bisa menangis. Dengan kata lain, kamu berani jujur terhadap diri sendiri. Sehingga kekuatan dan kestabilan mental bisa lebih baik dari sebelumnya.

Nggak perlu takut dikatain cengeng. Selama menangis itu bisa memberi dampak positif dan manfaat untuk dirimu, lakukan saja Ladies. Setelah itu kamu akan lebih bahagia menjalani hidupmu.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading