Sukses

Beauty

Nonton Film Horor Itu Sehat, Terutama Buat Para Wanita

Jika disuruh milih mau nonton film apa di bioskop, kebanyakan wanita pasti akan menghindari nonton film horor. Bukan hanya menakutkan, efek setelah nonton pasti masih terasa, terbayang hingga pulang ke rumah dan bahkan bisa kebawa mimpi. Kamu pasti berpikir, ini nggak baik buat kesehatan.

Tapi ternyata anggapan ini salah lho, ladies. Banyak ahli mengatakan bahwa ketakutan justru sehat. Profesor psikologi Utrecht University, Jeffrey Goldstein, mengatakan dalam CNN.com bahwa orang-orang suka ditakut-takuti, kamu bisa ketakutan karena hantu di film atau aksi seram, dan ini adalah jenis rasa takut yang sehat.

Rasa takut karena hantu, tempat angker atau film bisa merangsang otak. Kamu merasa terhibur meski ketakutan. Nonton film horor punya manfaat yang tak terduga.

1. Memacu adrenalin dan menyembuhkan rasa sakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa otak secara refleks akan merespon rasa takut dan melepaskan hormon adrenalin. Kamu akan lebih lega setelah ketakutan. Tak heran, karena selain hormon adrenalin, otak juga merangsang pelepasan serotonin, glutamat, dopamin dan senyawa bahagia lainnya yang sebenarnya justru bisa meningkatkan kewaspadaan, energi dan melepas stres.

2. Membantu melupakan masalah hidup sejenak. Meski kamu takut, kamu tetap penasaran dan mengintip saat menutup muka. Karena sebenarnya kamu merasa senang. Ketakutan ternyata bisa melepaskan stres dan membuatmu lupa dengan masalah sehari-hari. Bahkan rasa takut baik untuk mengurangi depresi.

3. Mengatasi rasa takutmu sendiri. Yang unik, ternyata berani nonton film horor di saat kamu takut hantu mampu membantu menghilangkan rasa takut tersebut. Penelitian yang dilakukan Dr. Mathias Clasen menunjukkan bahwa rasa takut tersebut akan menstimulasi emosi, mengubah mindset dan menekan rasa percaya diri sehingga kita bisa mengatasi rasa takut tersebut.

Jadi, jangan kira nonton film horor itu hanya bikin kamu ketakutan, karena sebenarnya ada banyak manfaat sehatnya buat kamu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading