Sukses

Beauty

4 Alasan Mengapa Menstruasi Bisa Merusak Tidurmu Yang Nyenyak

Ada saja masalah yang timbul saat kamu datang bulan. Meski hanya sebulan sekali, namun terkadang bisa mengganggu aktivitas, entah itu mood swing, kram, mudah lelah, dan lain sebagainya, termasuk salah satunya nggak nyenyak tidur.

Ternyata, menstruasi bisa jadi penyebab masalah kamu susah tidur malam harinya lho. Menurut survey yang dilakukan tahun 2007 oleh National Sleep Foundation, sepertiga wanita mengalami kesulitan tidur saat menstruasi. Dan inilah alasannya.

    Suhu tubuh meningkat

    Ahli tidur, Maryanne Taylor, mengatakan bahwa temperatur tubuhmu akan meningkat setelah ovulasi dan kamu akan merasa tidak nyaman karena merasa kepanasan saat malam. Untuk mengatasi rasa gerah ini, kamu bisa membuka ventilasi kamar, menurunkan suhu AC atau banyak minum sebelum tidur agar merasa dingin. 

    Kram bisa terjadi malam hari

    Tidak jarang kram perut dan rasa nyeri di punggung menyerang malamnya. Kemungkinan kamu juga merasa mual, sakit perut dan badan sakit semua. Lebih banyaklah minum, kompres bagian kram dengan handuk hangat.

    Hormon naik turun

    Menurut terapis Pat Duckworth, penyebab susah tidur saat menstruasi adalah turunnya hormon progesteron. Progesteron adalah hormon yang bisa membuatmu merasa mengantuk, sedangkan hormon oestrogen meningkat, sehingga tubuh tak nyaman. 

    Kamu sedang stres

    Saat menstruasi rawan sekali stres. Kamu juga lebih sering merasa cemas atau khawatir, entah itu khawatir pembalut tembus atau yang lainnya. Karena emosimu juga masih suka naik turun, tidur juga tidak nyaman karena kamu memikirkan sesuatu.

Jadi jangan heran jika kamu tiba-tiba saja seminggu ini tak bisa tidur nyenyak saat menstruasi. Karena ternyata itu dia 4 alasannya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading