KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SEGAR DAN RILEKS

Terbukti, Terlalu Sering Pakai Gadget Bikin Kamu Malas Berpikir!

Selasa, 14 Februari 2017 12:20 Penulis: Febi Anindyakirana
copyright by Pexels.com

Vemale.com - Apa yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone? Kini kamu hampir bisa melakukan apa saja hanya dengan alat komunikasi ini. Segalanya selalu dimudahkan hanya dengan sekali klik. Kamu patut berterima kasih pada handphone-mu.

Tapi kamu juga harus tahu, tak segalanya tentang gadget itu baik. Selalu ada sisi negatifnya, dan salah satunya adalah membuatmu malas berpikir. Sebuah penelitian dari University of Waterloo di Kanada mengungkapkan bahwa ada hubungan erat antara pemakaian smartphone dengan melemahnya daya berpikir untuk menemukan solusi.

Penulis penelitian, Gordon Pennycook, mengatakan bahwa ada beberapa masalah yang tak bisa dipecahkan hanya dengan mencari di Google. Kamu tak akan bisa memecahkan masalah hanya dengan Internet, kecuali dengan menggunakan akal pikiran serta pemikiran analitis dan logis dari otak.

Dalam penelitian ini, tes diberikan pada 660 partisipan. Hasilnya, mereka yang termasuk dalam jajaran kurang cerdas ternyata mencari informasi dan menggunakan smartphone lebih sering dibanding yang cerdas atau intelek. Ini karena segala hampir segala informasi bisa didapat dari Internet sehingga orang tak lagi merasa repot untuk belajar.

Meski begitu, masih terlalu dini jika menyimpulkan bahwa smartphone bisa membuatmu bodoh karena membuatmu malas berpikir. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui korelasinya lebih dalam.

Sering merasa dan bertanya kepada diri sendiri "Apa jadinya aku tanpa smartphone?" Mungkin ini efeknya. Sadar bahwa kamu sekarang jadi malas berpikir dan malas berusaha? Yuk kurangi pakai gadget ke mana pun kamu pergi, ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA