Sukses

Beauty

Secara Ilmiah, 3 Hobi Sederhana Ini Yang Bikin Otak Makin Smart

Apa yang kamu lakukan saat punya waktu senggang atau sedang bosan? Mungkin kamu punya hobi tertentu yang membuatmu enjoy, nyaman, dan rileks. Hobi bahkan punya efek positif mental, bisa jadi cara paling baik melepaskan stres dan membuatmu bahagia.

Tapi ternyata dari sekian hobi yang ada, ada beberapa hobi simpel yang ternyata bisa bermanfaat mengembangkan skill dan membuatmu makin cerdas. Para pengguna Quora (situs berbagi pengetahuan) mencoba mencari tahu hobi apa yang paling bisa meningkatkan intelegensi seseorang.

Max Lukominskyi, mengungkapkan ada tiga hobi yang mampu meningkatkan intelegensi.

    Menulis

    Peringkat pertama adalah menulis. bahwa menulis adalah hobi yang mampu meningkatkan kecerdasan otak karena menulis membuat orang berpikir, membutuhkan kreativitas dan komitmen. Dengan kata lain menulis membuat otakmu terus bekerja dan berkembang. Tak salah, karena ternyata ada banyak penelitian ilmiah yang mendukung pernyataan ini.

    Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Psychological Science, menemukan bahwa menulis, apalagi dengan tangan, membantumu memahami dan belajar lebih banyak tentang informasi atau pengetahuan dalam jangka panjang.

    Olahraga

    Meski memang tampak hanya sebagai kegiatan fisik, tapi ternyata olahraga juga bisa mencerdaskan otak. Seperti yang dibuktikan sebuah penelitian dari Harvard Medical School di tahun 2013 yang menyatakan bahwa olahraga aerobik ternyata bisa merangsang pelepasan molekul bernama irisin dalam otak yang mana membantu meningkatkan fungsi kognitif serta melindungi otak dari penuaan dini.

    Obsesi

    Dalam hal ini obsesi bisa diartikan sebagai tujuan hidup, ketertarikan akan sesuatu yang kuat dan usaha keras mencapai sesuatu. Kesuksesan juga bisa didasari atas obsesi yang jelas. Harvard Business Review mendukung ide ini dan menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki keingintahuan besar dan terbuka dengan pengalaman baru akan membuat otaknya berkembang dan terus belajar dan terus bekerja.

Jadi, kira-kira hobi mana yang saat ini kamu miliki? Sepertinya kamu butuh ketiganya jika ingin otak tetap sehat, terus berkembang dan bahkan makin cerdas seiring berjalannya waktu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading