Sering Mencuci Wajah Justru Memicu Jerawat

Kamis, 06 Desember 2012 15:30
(c) shutterstock

Vemale.com - "Muka kamu kok jerawatan dan komedoan? Makanya, rajin cuci muka dong.." Anda mungkin pernah mendengar saran ini atau memberikan saran tersebut pada orang lain. Nyatanya, sering mencuci wajah justru membuat kulit mudah berjerawat dan iritasi.

Dalam berbagai iklan facial foam, mencuci wajah memang disarankan untuk mengangkat kotoran, minyak dan sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat serta komedo. Sehingga dalam pikiran kita tertanam bahwa semakin sering mencuci wajah, semakin baik. Tetapi hal tersebut kurang tepat, karena terlalu sering mencuci wajah justru menghilangkan minyak alami wajah.

Menurut American Academy of Dermatology, mencuci wajah terlalu sering justru membuat jerawat semakin banyak dan membuat kulit lebih mudah teriritasi. Hal ini disebabkan karena sabun wajah akan membersihkan minyak alami yang dihasilkan kulit. Padahal minyak alami tersebut bertugas menjaga kelembaban wajah. Hilangnya minyak alami membuat kulit kering dan mudah iritasi.

Mencuci wajah sebaiknya dilakukan sesuai kegiatan yang Anda lakukan. Jika Anda sering olahraga atau sering beraktivitas di luar ruangan, Anda harus mencuci wajah lebih sering dibandingkan mereka yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Dalam batas normal, mencuci wajah 2 kali sehari sudah cukup. Pakai sabun khusus untuk wajah yang lembut.

(vem/yel)



Upload Foto