Sukses

Lifestyle

15 Ide Menu Lucu Penuh Energi Pengisi Kotak Bekal Makan Anak

Membawa bekal makan adalah cara sederhana untuk mendisiplinkan diri menghemat pengeluaran setiap harinya. Cara ini juga bisa kamu contohkan untuk si kecil saat membiasakannya membawa bekal makan saat pergi ke sekolah. Selain terjaga kebersihan bahan makanannya, kamu juga bisa menghitung kecukupan gizi untuk memenuhi kebutuhan energi si kecil seharian di sekolah.

Jadi jangan hanya puas dengan roti lapis selai cokelat, mulailah beraksi menggali ide lucu penuh energi mengisi bekal makan untuk dibawa setiap hari dari berbagai sumber berikut ini.

1. Bekal Makan Roti Lapis Sandwich

© womanista

Roti lapis bisa diisi dengan bermacam-macam bahan makanan yang menyehatkan. Mulai dari daging lapis, keju, atau sayur-sayuran dengan sausnya. Cara membuat bekal ini dengan memipihkan roti tawar, isi dengan isian yang disukai, gulung dan semat dengan tusuk gigi.

2. Bekal Makan Berenergi Tapi Ramah Lingkungan

© happinessishomemade

Kurangi bungkus plastik sekali pakai untuk bekal lucu hari ini. Kamu bisa membeli biskuit anak dalam kantung plastik besar dan mengombinasikannya dengan sayur serta buah-buahan. Sisa biskuit bisa disimpan untuk menu bekal esok hari.

3. Menu Bekal Makan dengan Nasi Juga Bisa Cantik

© momables

Lebih menyukai bekal makan yang mengenyangkan, cobalah membuat menu nasi dengan warna-warni yang menggugah selera. Agar lebih sehat, cobalah mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan kombinasikan dengan hijau bayam, kuning jagung, serta merah segar dari tomat. Kemas dengan cantik untuk bekal makan hari ini.

4. Bekal Makan Olahan Kentang dan Buah-Buahan

© leckerbox

Kreasikan kentang rebus dengan berbagai macam isian seperti kroket isi daging atau sayuran. Buat dalam jumlah banyak, lalu bekukan di lemari pendingin untuk dikombinasikan dengan ragam buah-buahan lokal yang sedang musim sehingga isi bekal makan tidak membosankan.

5. Inisial di Bekal Makan Anak

© amomstake

Untuk memancing nafsu makan anak sekaligus belajar pengenalan huruf, berikan jenis bekal yang bisa dikreasikan menjadi bentuk. Stik cokelat, atau stik wortel untuk membentuk huruf?

6. Menu Sate Sayur dan Buah Dalam Bekal Makan

© eatgood4life

Untuk cuaca yang sedang panas-panasnya, menu sayur dan buah segar dapat memberi tambahan asupan cairan ke tubuh. Buat dalam bentuk sate agar lebih mudah memakannya.

7. Sandwich Cracker Telur Menu Bekal Enak

© bakedbree

Agar jam makan siang jadi lebih menyenangkan, cracker yang renyah bisa jadi pilihan. Tapi buat sendiri di tempat makan siang, jadi siapkan saja cracker, telur rebus dan yoghurt serta saus sandiwchnya.

8. Bento Unik Bekal Makan Jadi Menarik

© theorganisedhousewife

Menu bekal bento tidak harus menuntut ketelitian membuat hiasan makanan agar jadi cantik. Untuk menyiapkan dalam waktu cepat, buat dalam potongan-potongan kecil sekali makan. Susun sesuai warnanya dalam kontainer makan siang yang terpisah agar tidak tercampur.

9. Menu Nugget untuk Bekal Makan

© followinginmyshoes

Menyiapkan bekal makan artinya harus mendisiplinkan diri untuk tepat waktu. Saat sedang terburu-buru, cadangan nugget buatan sendiri yang dibekukan bisa jadi penyelamat. Namun jangan lupa untuk menambahkan sayur dan buah-buahan dalam kotak bekal makanmu.

10. Susun Roti Pita di Bekal Makan Siang

© 3boysunprocessed

Jika memiliki roti pita atau tortilla di persediaan bahan makanan, jadikan mereka ide bekal makan yang lucu. Caranya pisahkan masing-masing bahan dan isinya yang sudah matang di kotak bekal makan dengan sekat. Mulai dari roti pita, ayam goreng suwir, buah, saus dan kejunya.

11. Bekal Makan Sticks Fondue yang Mengenyangkan

© bellyfull

Fondue biasanya identik dengan keju cair di atas tungku kecil. Untuk membawanya ke kotak bekal makan, buat saus keju dengan mayonais agar tidak membeku. Mix dengan pilihan sayuran yang dipotong panjang-panjang seperti lilin, serta kotak roti tawar yang sudah dipanggang.

12. Makan Siang Seru dengan Bekal Bakso Bakar

© nomnompaleo

Hmmm, siapa yang bisa menolak kelezatan bakso bakar untuk bekal makan siang? Namun agar kotak bekal lebih rapi, skip saja kuah bakso dan tiriskan bakso bakar untuk disajikan bersama aneka macam sayur.

13. Donat Isi dan Strawberry untuk Bekal Makan

 

© familyfreshmeals

Punya persediaan donat kentang di lemari makan? Goreng dan isi dengan kombinasi salad sayuran dan mayonaisnya.

14. E Untuk Bekal Makan Lucu dan Enak

© becomingabentoholic

Ide bekal makan lucu juga bisa didapat dari alat-alat masak yang unik. Seperti alat merebus telur dengan huruf egg di dasarnya, bisa untuk belajar membaca huruf juga, bukan?

15. Menu Bekal Makan Of The Day

© parents

Menu bekal makan ini paling cocok disajikan setelah si kecil mempelajari tentang dunia ikan atau kamu baru saja mengajaknya memancing. Buat sandwich keju atau telur dengan bentuk ikan yang dipahaminya. Lengkapi kerenyahan bekal makan siang dengan biskuit bentuk ikan yang lucu.

(vem/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading