KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RESEP MAKANAN

Menu Takjil Buka Puasa Lezat dan Segar, Es Doger Khas Bandung

Jum'at, 17 Juni 2016 10:20 Penulis: Rohmitriasih
Photo: Copyright nuniekkr.blogspot.com

Vemale.com - Tak terasa, hari ini umat muslim telah sampai di hari ke 12 menjalankan ibadah puasa Ramadan. Biasanya, saat Ramadan seperti ini setiap orang sangat suka membuat menu takjil yang lezat dan segar. Ini terjadi karena setelah seharian puasa, seseorang pasti ingin mendapatkan asupan nutrisi yang tak hanya sehat tetapi juga lezat dan segar.

Kalau bicara mengenai takjil yang lezat dan segar, es buah, es kelapa muda atau es teh tentu menjadi takjil lezat dan segar. Tapi, kalau setiap hari takjilnya seperti itu, pasti bosan kan. Oke, kalau begitu, Vemale kali ini punya resep takjil yang lezat dan segar. Resep ini merupakan resep khas Bandung. Resepnya adalah resep es doger yang lezat dan segarnya kebangetan. Seperti apa resepnya? Simak baik-baik yang ada di bawah ini.

Bahan

  • 200 ml santan kelapa
  • 50 gram gula pasir
  • Sirup cocopandan merah (sesuai selera) 
  • 4 sdm tape ketan hitam
  • 5 sdm tape singkong (potong dadu atau remas-remas hingga memar)
  • 4 sdm agar-agar (yang sudah dipotong dadu kecil-kecil)
  • 4 sdm bubur mutiara
  • Susu kental manis (secukupnya)
  • Es serut (secukupnya)


Cara Membuat

  1. Rebus santan bersama gula pasir dengan api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak menggumpal hingga mendidih. Jika sudah mendidih dan gula larut, sisihkan sebentar dan biarkan dingin.
  2. Susun tape ketan hitam, agar-agar, bubur mutiara dan es serut ke dalam gelas saji. 
  3. Letakkan tape singkong di atas es serut dan tutup dengan sedikit es serut lagi. 
  4. Siram es ini dengan sirup cocopandan merah dan susu kental manis. 
  5. Terakhir, siram es dengan santan yang sudah dimasak sebelumnya. Kalau kamu mau tampilan es doger makin sedap dipandang, kamu bisa menyiramkan sirup cocopandan lagi sedikit saja. 
  6. Es doger pun sudah jadi dan siap untuk disajikan.


Ladies, itulah resep takjil buka puasa yang lezat dan segar yakni es doger khas Bandung. Gimana, resep yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan rasakan kenikmatan berbuka dengan takjil es doger. Oh iya, kalau kamu ingin es doger yang lebih lezat dan memiliki rasa khas, selain bubur mutiara dan agar-agar, kamu bisa menambahkan irisan roti tawar, rumput laut, irisan buah atau kolang-kaling. Yang terpenting, tape ketan hitam dan tape singkong jangan lupa ya. :)



(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA