Sukses

Lifestyle

Resep Kue Awuk-Awuk Khas Jawa Tengah

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Menyajikan hidangan kue tradisional di tengah-tengah keluarga merupakan pilihan yang tepat. Apalagi menyajikan kue yang jarang kita temukan namun bahan-bahannya mudah didapatkan. Seperti misalnya kue Awuk-Awuk. Bagi kamu yang berasal dari Jawa Tengah tentu sudah tidak asing lagi mendengar kue Awuk-Awuk.

Biasanya kue tradisional ini disajikan untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Chef Yeni Ismayani mengatakan, karena jajanan tersebut menggunakan dua warna yaitu merah dan putih, itulah mengapa kue ini sangat pas jika disajikan saat hari kemerdekaan 17 Agustus.

copyright by Vemale.com

"Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki panganan khas. Namun, seiring bergesernya waktu dan zaman, banyak di antara kita yang kurang mengenal dan melestarikan jajanan tradisional ini," ucap Chef Yeni saat ditemui Vemale dalam acara Gulaku di kawasan Jakarta Timur.

Bila kamu ikut peduli melestarikan kuliner nusantara dengan menyajikannya di rumah, bisa lho Ladies. Chef Yeni pun memberikan resep kue awuk-awuk spesial buat kamu.

Bahan:

  • 500 gr tepung ketan
  • 1 butir kelapa setengah tua diparut
  • 225 gr gula
  • 1 sdt garam
  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat :

  1. Campur tepung ketan, kelapa parut, gula, dan garam. Bagi dua adonan, 1/3 adonan diberi warna merah, 2/3 tetap warna putih. Aduk rata masing-masing adonan.
  2. Masukan adonan putih di Loyang yang telah diolesi minyak dan dialasi daun pisang. Ratakan adonan setebal 3 cm. Lalu, tambahkan adonan merah di atasnya dan ratakan.
  3. Kukus selama 30 menit atau hingga matang, kemudian potong-potong sesuai selera.

Sajikan. Selamat mencoba ya Ladies.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading