Sukses

Lifestyle

Egg White and Melon Juice

Melon adalah adalah nama buah yang dihasilkan tanaman melon. Buah ini tergolong dalam bangsa labu-labuan (Cucurbitaceae) yang berasal dari Afrika dan Asia Barat Daya.

Akan tetapi meskipun berasal dari daerah tersebut, melon mulai dikenal secara bertahap di Eropa pada akhir zaman kekaisaran Romawi. Melon termasuk salah satu tanaman awal yang dibudidayakan di wilayah Eropa, Asia, Afrika, Amerika dan Australia. Melon terdiri dari banyak jenis dan beberapa yang sering kita temui yaitu melon hijau, melon jingga (cantaloupe), melon emas (golden melon), dan melon madu (honeydew melon).

Melon hijau memiliki kulit luar yang keras, kasar, dan berurat. Daging buahnya berwarna hijau pucat dengan aroma yang harum dan khas. Melon jingga memiliki kulit luar yang sama dengan melon hijau, akan tetapi daging buahnya berwarna jingga.

Melon emas memiliki kulit berwarna kuning dengan permukaan halus, sedangkan daging buahnya berwarna putih tetapi tidak memiliki aroma yang harum. Melon madu memiliki rasa paling manis dengan permukaan kulit luar yang halus dan mengkilap, sedangkan warna dagingnya sama dengan melon hijau.

Melon yang memiliki nama latin Cucumis melo termasuk makanan yang rendah kalori dan sodium. Dalam 100 g hanya mengandung 36 kkal dan 18 mg sodium. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B6, B9 (folat), C, dan kalium. Dalam 100 g melon mengandung vitamin C sebanyak 18 mg yang dapat mencukupi kebutuhan harian sebanyak 30%.

Dalam jumlah daging buah yang sama melon juga mengandung serat pangan sebanyak 0,8 g yang dapat mencukupi kebutuhan harian sebanyak 3%. Kandungan kalium dalam 100 g melon sejumlah 228 mg yang dapat memenuhi kebutuhan harian sebanyak 7%.

Untuk 1 porsi

Bahan

150 g putih telur kukus

200 g melon hijau

150 ml susu rendah lemak

1,5 sdm madu (pilihan)

Cara membuat

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  2. Proses dengan blender sampai halus.
  3. Sajikan dingin.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 279,7 kkal

Lemak: 2,1 g

Karbohidrat: 42,3 g

Serat: 1,8 g

Protein: 22,8 g

Tips dan saran

  1. Madu dapat digantikan dengan gula palem/gula merah atau dengan pemanis rendah kalori yang aman.
  2. Anda dapat menggunakan susu yang telah didinginkan terlebih dahulu sehingga setelah selesai dapat langsung disajikan dingin.

BACA JUGA : Big Fish Ball

[initial]

(vem/df/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading