1. VEMALE
  2. /
  3. RESEP MAKANAN

Takjil of The Day : Es Pisang Ijo

Jum'at, 26 Juli 2013 17:00 Penulis: cjm/d
(c) pinterest

Vemale.com - Saat menjalani puasa yang sudah sepanjang hari, enaknya menyantap sesuatu yang segar saat berbuka. Cuaca panas yang selalu menyertai kegiatan Anda sehari-hari pasti membuat Anda menginginkan sesuatu yang dingin, manis dan adem kan. Nah, jika Anda memiliki waktu luang sebelum berbuka di rumah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat sesuatu yang menyenangkan untuk disuguhkan kepada keluarga saat berbuka. Bagaimana jika Anda membuat Es Pisang Ijo.

Es Pisang Ijo adalah jenis makanan yang berasal dari Sulawesi Selatan tepatnya kota Makassar. Belakangan es ini memang sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia bahkan di luar kota Makassar. Nah, untuk membuat es yang satu ini sebenarnya mudah kok Ladies. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Silakan cek resep dibawah ini ya Ladies.

Bahan pisang ijo :

-    215 g     tepung beras
-    ½ sdt    garam
-    300 ml air
-    100 ml air daun suji
-    Pewarna hijau secukupnya
-    5 buah pisang raja
-    Es serut secukupnya
-    Sirup berwarna merah secukupnya

Bahan saus :

-    650 ml santan
-    50 g tepung terigu
-    75 g gula pasir
-    1 lembar daun pandan
-    ½ sdt garam

Cara membuat :

-    Ambil 40 gr tepung beras kemudian aduk bersama garam, air dan air daun suji. Rebus sambil terus diaduk hingga mendidih, kemudian teteskan 2-3 tetes pewarna hijau. Angkat
-    Tambahkan sisa tepung beras sambil terus diaduk rata dan sampai adonan menjadi kalis.
-    Bagi adonan menjadi 5, tipiskan hingga mencapai ketebalan sekitar ½ cm
-    Balut masing-masing pisang dengan adonan hingga pisang tertutup seluruhnya. Kemudian kukus adonan sekitar 20 menit.
-    Sementara itu, rebus bahan saus sampai mendidih, angkat dan dinginkan.
-    Potong pisang ijo yang sudah dikukus tadi, letakkan dalam wadah saji. Beri tambahan saus, es serut dan sirup merah.

Nah, Ladies Anda juga dapat menambahkan buah-buahan atau tambahan lainnya seperti keju dan meses untuk menambah rasa. Semua sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Selamat mencoba ya!

(vem/cjm/dyn)
KOMENTAR PEMBACA
Tips Aman Pakai Tester Makeup