1. VEMALE
  2. /
  3. RESEP MAKANAN

Cara Praktis Menghilangkan Bau Pesing Pada Rebung

Kamis, 11 Oktober 2018 13:53 Penulis: Rohmitriasih
copyright shutterstock.com

Vemale.com - Rebung adalah bahan masakan yang berasal dari tunas bambu yang masih muda. Biasanya, rebung dimasak sebagai masakan kari pedas atau sebagai isian lumpia. Rebung merupakan bahan masakan yang kaya akan nutrisi seperti protein, thianin, kalium, antioksidan, zat besi, fosfor, vitamin C dan masih banyak lagi.

Bicara mengenai rebung, kita harus pandai saat mengolah rebung. Kesalahan dalam mengolah rebung bisa membuat rasa rebung pahit dan aromanya pesing. Nah, untuk menghilangkan bau pesing bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara tersebut sebagai berikut:

Rebus Rebung
Usahakan untuk merebus rebung sebelum dimasak. Merebus rebung bisa membuat rebung matang sempurna, bebas bau dan lebih empuk. Pastikan untuk membuang air rebusan rebung kemudian cuci bersih rebung sebelum dimasak.

Rendam Rebung
Cara menghilangkan bau pesing rebung selanjutnya bisa dilakukan dengan merendam rebung. Merendam rebung ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan air putih biasa, air kelapa atau air kapur sirih. Rendam minimal selama 5 jam untuk mendapatkan rebung tanpa bau pesing. Kita juga bisa merendam rebung dengan air garam.

Manfaatkan Daun dan Buah Jeruk Purut
Remas daun jeruk atau peras buah jeruk purut kemudian aduk rata bersama rebung yang sudah diiris kecil-kecil. Diamkan kira-kira selama 30 menit kemudian cuci bersih rebung dengan air hangat. Cara ini juga bisa menghilangkan bau pesing pada rebung.

Mengukus Rebung
Satu lagi cara untuk menghilangkan bau pesing pada rebung adalah dengan mengukus rebung. Tak hanya menghilangkan bau pesing, mengukur rebung juga bermanfaat mengurangi pahit pada rebung.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau pesing pada rebung. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Richard Kyle Belum ada Niat Nikahi Jessica Iskandar