Sukses

Lifestyle

3 Inspirasi Menu Takjil Berbahan Madu plus Kurma

Madu dan kurma merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam firman Allah di Al-Qur'an surah an-Nahl ayat 69 dijelaskan jika madu kaya akan khasiat untuk menyembuhkan dan juga menjaga tubuh tetap sehat selama Ramadan. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan Ibnu Sina bahwa madu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang dapat menutrisi tubuh serta meningkatkan sistem imun.

Begitu juga khasiat kurma yang telah dijelaskan pada hadist HR At-Tirmidzi, Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan kurma karena memiliki rasa yang manis, kaya antioksidan, vitamin C dan serat. Jika ingin menikmati madu plus kurma dengan cara berbeda, coba saja kreasikan kedua bahan tersebut menjadi ta’jil lezat seperti berikut ini, Ladies. Penasaran?

Es Campur Madurasa Kurma

(c) Madurasa

Aneka macam es pastinya sudah dinanti anggota keluarga sebagai menu berbuka favorit. Jika ingin membuat hidangan es yang menyegarkan sekaligus membawa manfaat kesehatan untuk keluarga, Es Campur Madurasa Kurma bisa menjadi pilihan. Cara membuatnya juga gampang banget.

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti 400 gram mangga (potong dadu), 100 gram kelapa muda yang sudah dikeruk memanjang, 75 gram nanas (potong dadu), 100 gram ubi ungu kukus (potong dadu), 100 gram jagung manis kalengan (tiriskan), 100 gram kacang merah kalengan (tiriskan) dan bahan lainnya yang disesuaikan selera. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam gelas saji dengan takaran sesuai selera. Tambahkan es serut, 1 scoop es krim vanilla dan 100 gram Madurasa Kurma di atasnya. Es campur nikmat dan sehat favorit keluarga pun siap dihidangkan saat buka puasa nanti.

Puding Madurasa Kurma

(c) Madurasa

Variasi ta’jil istimewa yang dihadirkan para ibu di rumah pastinya bisa menambah keceriaan saat buka puasa bersama keluarga. Supaya Ramadanmu makin berwarna, coba berkreasi dengan Puding Madurasa Kurma, yuk!

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding. Bahan I yang kamu butuhkan adalah; 1000 ml susu cair, 1 bungkus agar-agar, 50 gram gula pasir, 1/2 sdt garam, 8 buah kurma yang sudah dibuang bijinya dan Madurasa Kurma. Bahan II yang dibutuhkan; 300 gram buah kalengan yang sudah ditiriskan dan 1 buah kiwi yang sudah diiris.

Cara membuatnya gampang banget kok, ambil sebuah wadah, campur susu cair, agar-agar, gula pasir, dan garam lalu aduk hingga merata. Tuang 3 botol Madurasa Kurma, aduk rata, masak dengan api kecil hingga mendidih. Angkat, aduk sampai adonan puding hangat. Susun kurma di dasar cetakan, tuang adonan agar-agar di atasnya hingga penuh, masukkan ke dalam lemari es hingga puding mengeras.

Setelah dingin, keluarkan puding dari lemari es dan lepaskan dari cetakannya. Sajikan beberapa irisan puding di atas piring saji, tambahkan buah kaleng, potongan kiwi, dan siram dengan Madurasa Kurma sebagai saus di atasnya.

Roti Gulung Udang Madurasa Kurma

(c) Madurasa

Kombinasi madu dan kurma menjadi penganan gurih yang disukai keluarga juga bisa diwujudkan, lho. Ikuti langkah mudah membuat Roti Gulung Udang Madurasa Kurma.

Pertama, siapkan bahan yang diperlukan seperti 200 gram udang kupas cincang, 100 gram bawang bombai cincang, 2 siung bawang putih cincang halus, 1 sdt jahe parut, 2 sdm daun ketumbar cincang, 1 sdm putih telur, 1 sdm kecap asin. Setelah itu, sediakan juga 150 gram Madurasa Kurma, 1 sdt air jeruk lemon, 10 lembar roti tawar tanpa kulit, 20 ekor udang kupas, 2 butir telur kocok lepas, 50 gram tepung roti, dan 500 ml minyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya mudah. Giling roti tawar hingga pipih. Buat isiannya dengan mencampur udang cincang, bawang putih, bawang bombai, bawang putih, jahe, daun ketumbar, putih telur, kecap asin, Madurasa Kurma, dan air lemon. Aduk semua bahan hingga merata. Olesi roti tawar dengan 1 sdm adonan udang, letakkan udang di sisi kiri dan kanannya, gulung hingga padat. Lakukan terus hingga semua bahan habis.

Celupkan gulungan roti ini ke dalam kocokan telur, gulingkan dalam tepung panir, ratakan hingga padat. Panaskan minyak dan goreng gulungan ini hingga matang berwarna kuning kecokelatan. Angkat, lalu tiriskan. Potong masing-masing roti yang sudah matang menjadi 2 bagian. Sajikan dengan saus sambal Bangkok untuk memaksimalkan kelezatannya.

Wah, ada banyak kreasi lezat Madurasa Kurma yang bisa menjadi ta’jil lezat selama Ramadan, kan? Madurasa Kurma adalah produk terbaru yang diluncurkan Madurasa tepat dalam momen bulan suci Ramadan. Hal ini sesuai dengan anjuran Al-Quran dan Hadist untuk mengonsumsi madu dan kurma selama puasa.

(c) Madurasa

Madurasa juga satu-satunya produsen madu di Indonesia yang dibekali dengan berbagai sertifikat jaminan mutu. Mulai dari ISO 90001:2015 (Quality Management), ISO 22000:2005 (Food Safety), Good Manufacturing Practices. Sertifikasi Halal dari MUI dan juga Top Brand. Kamu bisa membeli Madurasa Kurma secara online di Tokopedia atau minimarket terdekat. Info lebih lengkap langsung saja klik di sini.

Jadi, kreasi ta’jil mana yang jadi favorit keluargamu di rumah, Ladies? Simak resep kreasi Madurasa Kurma dengan mengunjungi Youtube Channel Madurasa di sini.

(vem/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading