Sukses

Lifestyle

4 Menu Sahur Praktis yang Bisa Dicoba untuk Ramadan 2018

Dalam memilih dan menyiapkan menu sahur, biasanya kita akan mencari menu yang paling mudah dibuat tapi juga bergizi. Untuk bulan Ramadan 2018 kali ini yang mungkin bakal lebih sibuk dari bulan-bulan sebelumnya, kita mungkin akan agak sedikit kerepotan dalam menyiapkan menu makanan setiap harinya.

Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya mencoba untuk memasak sendiri agar tetap dapat merasakan nikmatnya masakan rumah dengan resep dan peralatan memasak yang sederhana seperti rice cooker.

Bagi Anda yang ingin mencoba memasak di rumah, berikut referensi menu sahur praktis di bulan Ramadan dari Cookpad. Bisa dibuat oleh siapa pun bahkan yang tidak punya pengalaman memasak sebelumnya.

1. Sup
Selama bulan Ramadan jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran. Selain untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, agar saluran pencernaan lebih lancar yang bisa mencegah sembelit. Sayuran bisa dikonsumsi melalui tumis-tumisan, lalap atau dimasak dalam sup.

Sup menjadi salah satu makanan berkuah yang cocok untuk menu bulan Ramadan. Menu ini memiliki komposisi bahan dan cara pembuatan yang sederhana. Untuk menambah rasa gurih, Anda bisa menambahkan ayam dalam air rebusannya.

2. Pizza
Kalau pizza adalah salah satu makanan favorit Anda tapi tidak memiliki oven di tempat kos, kini waktunya Anda berkreasi dengan membuat pizza menggunakan rice cooker. Siapkan toping favorit dan nikmati pizza buatan Anda bersama sahabat tercinta.

3. Nasi
Bagi orang Indonesia, nasi merupakan makanan pokok. Saat sahur, biasanya nasi tetap menjadi primadona karena kandungan karbohidrat dan gulanya dibutuhkan untuk memberikan energi dalam tubuh selama berpuasa. Memasak nasi menggunakan rice cooker memang sudah biasa.

Namun, untuk menambah variasi, kita bisa membuat nasi yang beraroma seperti nasi ulam, nasi uduk atau bahkan nasi goreng. Bahan dan bumbu yang diperlukan sangat sederhana sehingga akan sangat mudah untuk dibuat di kos-an.

4. Bubur
Sebagai alternatif jenis masakan, bubur sering dikonsumsi saat sarapan. Hal ini karena teksturnya yang lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh perut terutama bagi mereka yang tidak terbiasa sahur dengan menu nasi.

Bubur bisa dimasak menggunakan rice cooker. Sebagai toping, Anda bisa menambahkan abon pengganti ayam dan cakue yang dipotong kecil-kecil. Jangan lupa untuk menambahkan taburan seledri dan daun bawang, kecap dan saos sambal.

Menu sahur praktis di atas bisa nih mulai dimasukkan dalam jadwal memasak di rumah. Semoga bulan Ramadan 2018 kali ini bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar ya.

Sumber: Liputan6.com





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading