Sukses

Lifestyle

Resep Cara Membuat Nasi Kuning dengan Magic Com yang Sederhana dan Enak

Salah satu warisan masakan khas Indonesia dan berbeda dengan jenis masakan nasi biasanya adalah nasi kuning. Nasi kuning seperti namanya, adalah nasi yang berwarna kuning, warna kuning-nya berasal dari pewarna makanan alami, yakni kunyit. Bukan hanya warnanya saja yang berbeda dengan nasi biasa, tapi juga memiliki rasa yang gurih juga aromanya yang harum. Nasi kuning tidak hanya menjadi hidangan biasa saja, tapi juga mempunyai arti simbolis. Nasi dengan warna kuning ini dianggap melambangkan emas yaitu simbol keberuntungan, kemakmuran, dan kekayaan. Karena itu ketika seseorang sedang dalam suasana berbahagia baik saat sedang berulang tahun, peresmian, pesta pernikahan, ataupun upacara pembukaan, penyajian nasi kuning selalu ada.

Sebenarnya nasi kuning tidak hanya berasal dari satu daerah saja tapi memang nasi kuning sudah banyak tersebar di seluruh nusantara. Namun demikian, kebanyakan orang-orang mengenal nasi kuning sebagai makanan khas Jawa. Ada beragam penyajian nasi kuning, bukan hanya disajikan seperti nasi biasanya. Yang umum biasanya adalah dengan membentuk nasi kuning dengan bentuk kerucut atau yang biasanya disebut dengan nasi tumpeng. Supaya bisa membentuk menjadi cone, bisa digunakan cetakan tumpeng atau membuatnya sendiri. Sekarang ini cetakan tumpeng makin bervariasi, tidak hanya berbentuk kerucut. Tapi ada juga yang dibuat dengan bentuk menyerupai kue ulang tahun, bentuk kotak yang bersusun atau bulatan yang bersusun. Juga ada yang berbentuk hati (love).

Selain disajikan dalam berbagai bentuk, ada pula hidangan lain pelengkap nasi kuning ini seperti: perkedel, mie goreng, telur dadar iris, ayam kecap, tempe kering, sambal goreng, urap-urap, dan juga kerupuk udang. Karena bahan pelengkapnya dan cara pembuatan yang cukup merepotkan ini, kebanyakan orang yang lebih memilih untuk membeli nasi kuning saja. Sebenarnya pembuatan nasi kuning beserta lauk pauknya tidaklah begitu susah. Anda juga bisa membuat sendiri dan mengkreasikan bentuk penyajian nasi kuning beserta apa saja lauk pauk yang hendak dijadikan pelengkap. Mari kita simak saja langsung resep dan cara membuat nasi kuning di bawah ini.

 

1. Cara membuat nasi kuning

Bahan :

  1. Kunyit 5 cm
  2. Lengkuas 2 cm
  3. Jahe 5 cm
  4. Kelapa tua 1 buah
  5. Serai 2 batang
  6. Bawang merah 5 buah
  7. Daun salam 4 lembar
  8. Beras 1 kg
  9. Garam 4 sdt
  10. Daun pandan 2 lembar
  11. Santan 900 ml

Cara membuat :

  1. Cuci beras hingga bersih, lalu rendam beras di dalam air yang bersih.
  2. Haluskan bumbu, yaitu lengkuas, bawang merah, kunyit, jahe dan garam.
  3. masukkan Bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam santan lalu aduk-aduk hingga merata.
  4. Masak santan sampai mendidih.
  5. Buang air rendaman beras, lalu tuangkan santan ke beras dengan disaring.
  6. Masukkan daun salam dan serai. Rebuslah beras dengan menggunakan api kecil. Selama merebus beras aduk-aduklah terus sampai air menyusut dan beras hampir matang menjadi nasi.
  7. Bila kira-kira tingkat kematangan sudah tercapai, ambillah daun salam dan serai dari dalam beras yang hampir matang.
  8. Siapkan panci untuk mengukus, lalu rebus airnya dulu.
  9. Masukkan nasi ke dalam panci pengukus.
  10. Tambahkan daun pandan.
  11. Kukuslah nasi sampai benar-benar matang atau tanak.
  12. Jika Anda ingin membentuk nasi, tunggulah dulu hingga nasi menjadi dingin. Biarkan nasi dingin dengan sendirinya memakai suhu ruangan.
  13. Untuk membentuk nasi menjadi tumpeng, Anda dapat membentuknya sendiri atau dengan menggunakan cetakan tumpeng.

Menurut Anda bagaimana? Ternyata mudah bukan? Bagi Anda yang merasa kerepotan memasak dengan menggunakan panci pengukus, ada alternatif lain, yaitu menggunakan rice cooker atau magic com.

 

2. Berikut ini adalah tips dan cara membuat nasi kuning dengan menggunakan rice cooker atau magic com.

Tips dan cara membuat nasi kuning menggunakan rice cooker atau magic com :

  1. Pilih jenis beras yang baik atau sebaiknya gunakan beras yang pulen.
  2. Cuci beras dan rendam lebih dahulu supaya bisa lebih cepat matang.
  3. Perhatikanlah dengan cermat takaran beras dan jumlah air atau santan bumbu.
  4. Saat beras telah dimasukkan di rice cooker, baru masukkanlah bumbu halus. Sebelum dimasukkan, larutkan dulu bumbu halus dengan secukupnya air.
  5. Kemudian, tambahkan daun pandan, daun salam, dan serai.
  6. Tekan tombol cook pada rice cooker. Pastikan rice cooker telah tertutup rapat.
  7. Setelah nasi sudah matang, segera aduk-aduk nasi agar tidak menggumpal.
  8. Cara penyajian nasi kuning ini, berbeda dengan cara menyajikan nasi biasanya. Tidak hanya ditaruh di piring tempat nasi biasa saja, tapi disajikan dengan cara dihias. Anda bahkan bisa juga membuat replika kue ulang tahun dengan menggunakan nasi kuning. Bentuk nasi kuning tergantung pada imajinasi dan kreativitas Anda.

Artikel menarik lainnya.

 

3. Langkah dan cara membuat hiasan tumpeng nasi kuning :

Berikut adalah panduan cara membuat hiasan tumpeng nasi kuning :

  1. Sebagai alas tumpeng, gunakan tempeh bambu . Alasi bagian dasar tempeh dengan daun pisang. lalu untuk bagian pinggirannya, buatlah segitiga lancip menggunakan daun pisang.
  2. Hiasi sekelilingnya dengan menggunakan kacang panjang.
  3. Nasi kuning yang sudah dibentuk sesuai dengan keinginan Anda, letakkan di tengah-tengah tempeh.
  4. Kemudian, letakkan lauk di sekitarnya. Anda bisa menatanya dengan melingkari nasi.
  5. Hiasan bunga mawar. Cara ini membutuhkan konsentrasi Anda. Caranya adalah dengan menguliti kulit buah tomat secara hati-hati dan melingkar. Jangan sampai terputus. Lalu bentuklah kulit yang sudah dipotong dengan hati-hati itu membentuk bunga mawar. Letakkan hiasan pada tempat yang akan mempercantik tampilan nasi kuning tersebut.
  6. Hiasan bunga aster. Gunakan lombok merah atau tomat untuk membuat hiasan bunga aster ini. Irislah lombok merah seperti membuat gurita.
  7. Gunakan imajinasi dan kreativitas Anda untuk menciptakan hiasan yang indah yang dapat makin mempercantik tampilan nasi kuning buatan Anda.

Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading