Sukses

Lifestyle

Tips Mengolah Jantung Pisang (Ontong) Agar Tidak Hitam dan Bebas Getah

Olahan jantung pisang memang punya cita rasa sendiri. Ada berbagai macam olahan yang bisa dibuat dari jantung pisang, seperti sayur lodeh, tumisan, dan bothok jantung pisang. Cuma masalahnya getah jantung pisang kadang cukup sulit dihilangkan. Bahkan bisa membuat jantung pisang hitam dan rasanya getir atau pahit.

Agar jantung pisang tidak hitam dan bebas getah, ada tips mudah yang bisa dicoba. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini agar bisa langsung dicoba sendiri di rumah.

Direbus Lalu Diremas
Cara yang satu ini sangat mudah. Yang dibutuhkan hanya air secukupnya. Didihkan air terlebih dahulu, kecilkan api, potong jantung pisang jadi 4 bagian lalu masukkan dalam rebusan air. Pastikan jantung pisang tenggelam, masak sampai empuk sambil dibolak-balik. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, pindahkan jantung pisang dalam wadah, beri air bersih secukupnya. Lalu remas-remas hingga getahnya benar-benar hilang. Di sini nanti jantung pisang akan tampak lebih bersih dan bebas getah. Baru kemudian potong-potong sesuai selera untuk diolah jadi hidangan favorit.

Direbus dengan Daun Singkong
Untuk mengurangi rasa pahit jantung pisang, bisa merebusnya terlebih dahulu dengan daun singkong. Cuci bersih jantung pisang dan beberapa lembar daun singkong. Didihkan air, lalu rebus jantung pisang bersama daun singkong tersebut. Setelah jantung pisang empuk bisa langsung diangkat dan dipotong sesuai selera.

Tidak sulit kok mengolahnya./Copyright shutterstock.com

Direndam dengan Air Garam
Agar getah pahit keluar, rendam jantung pisang dengan air gram. Konsentrasi air garam yang tinggi bisa mengeluarkan getah pahit jantung pisang dengan lebih cepat. Nanti buang air rendamannya, baru direbus untuk diolah.

Direndam Semalamam
Untuk jantung pisang yang masih dalam keadaan segar atau baru dipetik, sebaiknya jangan langsung diolah. Siangi dulu lalu rendam dengan air biasa selama semalaman. Baru kemudian direbus hingga empuk.

Cukup mudah kan tipsnya? Selamat mencoba, ladies. Saatnya untuk membuat hidangan jantung pisang buatanmu lebih lezat dan sedap.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading