Sukses

Lifestyle

Gecok Mantep Roso, Kuliner Khas Semarang Berbahan Jamu Berkhasiat Maknyus

Nama makanan ini memang tidak biasa: Gecok Mantep Roso. Dengan kaidah berdasar Bahasa Jawa maka bisa ditebak ini adalah kuliner khas Pulau Jawa, tepatnya dari Semarang, Jawa Tengah.

Gecok Mantep Roso sejatinya dibuat sebagai obat capek atau lelah karena paduan pedas antara merica dan cabai Jawa (atau cabai Jamu) membuat tubuh jadi berkeringat dan terasa lebih segar. Uniknya lagi, ketika disantap, kuahnya terasa sedikit berpasir karena kelapa sangrai yang ditambahkan ke dalamnya.

Tapi kini Gecok Mantep Roso diolah sebagai kuliner yang lezat dan dijamin bikin tubuh maknyus. Dikatakan Indra, sebagai salah satu anggota keluarga yang mengolah Gecok Mantep Roso, bahwa masakan ini diolah menggunakan daging kambing dengan lebih dari 20 jenis rempah.

Demo masak Gecok Kambing Mantep Roso/Alchemy

"Dagingnya nggak pake jeroan. Hanya iga, kepala, dan kaki. Panas rempahnya dulu digunakan untuk obat, kebanyakan untuk mengeluarkan panas tubuh," ujar Indra ketika ditemui dalam jumpa pers 'Berkah Lezat Bango, Berbagi Kehangatan Idul Adha Melalui Ragam Hidangan Kambing Otentik' di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, pertengahan pekan ini.

Adapun resep pembuatannya seperti dipaparkan sebagai berikut. Semua rempah bisa kamu dapatkan sebagian besar di toko jamu.

Bahan-bahan:
1 kg daging kambing
1 ons gula jawa
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
Blendo secukupnya

Bumbu yang di-gongso:
2 sdt merica
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah cabe jawa
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
Kayu manis (sepotong kecil)
Sejumput adas
Sejumput mesoyi
1 buah kapulaga
1 buah kemiri
Kecap manis Bango secukupnya

Cara memasak:
- Daging kambing dihalup-halupi (direbus dengan garam) untuk melunakkan dan memberi rasa. Angkat tiriskan lalu potong dadu.

- Semua bumbu di-gongso (dimasak setengah kering) hingga matang.

- Panaskan 1 ½ ltr air. Setelah mendidih masukkan bumbu yang sudah di-gongso, 1 sdm garam, 1 ons gula jawa, 1 lembar daun salam dan 4 lembar daun jeruk.

-Setelah semua tercampur rata, masukkan daging kambing lalu masukan blendo dan tunggu hingga matang

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading