KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RESEP MAKANAN

Resep Ikan Gabus Pete Ala Ruben Jeremia, Lezatnya Bikin Nagih

Kamis, 10 Agustus 2017 14:36 Penulis: Winda Carmelita/Zika Zakiya
Ikan gabus pete enak banget/Copyright thinkstockphoto.com
Acungkan jari jika kamu salah satu pecinta petai! Agar lebih akrab di telinga, resep yang satu ini tidak akan kami tulis dengan bahasa baku berupa 'Petai', melainkan tetap dengan bahasa keseharian: 'Pete'.
 
Salah satu keluarga polong-polongan ini adalah favorit Suku Betawi yang berdiam di Jakarta. Sambel yang diolah dengannya pun menjadi ciri khas Ibu Kota Indonesia ini. 
 
Salah satu resep yang bisa dihasilkan dari sambel pete adalah Ikan Gabus Pucung Sambel Pete. Resep unik ini dibuat oleh Ruben Jeremia, seorang finalis Lomba Masak Ikan Nusantara yang digelar untuk merayakan kemerdekaan RI ke-72. Ruben menciptakan menu ikan yang tidak digoreng atau pun dibakar, melainkan diolah menjadi masakan kuah.
 
"Di Betawi kan khasnya ikan gabus dan tambahan lagi rata-rata orang Betawi suka pete, jadilah saya bikin Ikan Gabung Pucung Sambel Pete," ujar Ruben ketika ditemui dalam jumpa pers 'Lomba Masak Ikan Nusantara' di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (10/8).
 
Ruben Jeremia/Copyright vemale.com/zzu

 
Menu Ruben masuk sebagai satu dari sepuluh finalis terpilih masakan olahan ikan. Tiga masakan terbaik nantinya akan diolah menjadi menu makanan Istana Presiden di perayaan Hari Kemerdekaan RI tepat pada 17 Agustus 2017. Siap mengkreasikan masakan ikan gabus ini? Yuk kita mulai...
 
Bahan:

Untuk kuah pucung
1. Ikan gabus fresh, untuk ukuran 2 porsi makan cukup dengan satu ikan gabus.
2. Kluwek 200 gram atau sekitar 5 biji buah kluwek.
3. Kunyit 
4. Bawang putih 
5. Bawang merah, diperbanyak bawang merah dibanding bawang putih dengan perbandingan 1:2.
6. Salam
7. Sereh
7. Lengkuas 
8. Garam secukupnya
 
Untuk sambel pete:

1. Pete
2. Bawang merah
3. Bawang putih
4. Cabai rawit
5. Cabai merah besar
6. Cabai keriting
7. Tomat
 
Cara membuat:
A. Kuah Pucung
 
1. Olah ikan gabus menjadi bakso ikan lebih dulu. Tujuannya agar daging ikan yang didapat lebih banyak dan menghasilkan masakan yang variatif.
 
"Diolah dulu, blender, kemudian dibentuk menjadi bakso, barulah kemudian di-grill sehingga berwarna golden brown. Supaya ada tekstur renyah-renyahnya," ujar Ruben. Jika sudah selesai di-grill, sisihkan.
 
2. Blender kluwek, bawang putih, dan bawang merah. 
 
3. Hasil blender nomor (2) kemudian ditumis bersama salam, sereh, dan lengkuas.
 
3. Campur air sekitar 600 ml untuk ukuran 2 porsi makan.
 
Masak hingga matang. Sajikan bersama bakso ikan yang sudah disisihkan. Terserah selera kamu mau dicemplungkan ke dalam kuah atau hanya dijadikan side dish semata.
 
B. Sambel pete
1. Tumis semua bahan kecuali pete. Tumis hingga layu. Angkat dan tiriskan
 
2. Ulek semua bahan yang sudah ditumis. Tidak disarankan menggunakan blender karena sambel pete paling enak jika teksturnya agak kasar. 
 
3. Siapkan petai dengan cara satu buahnya dibelah dua. Banyaknya petai siapkan sesuai selera. 
 
4. Saat sambal sudah siap, tinggal masukkan pete yang masih segar. 
 
"Jangan campur pete ketika sambal masih diolah karena pete memiliki getah yang pahit. Kalau langsung diulek ke dalam sambel nanti akan membuat sambal terasa pahit," begitu tips dari Ruben.
 
Sajikan bersama kuah pucung yang ikan gabus. Paling nikmat dinikmati untuk makan siang bersama keluarga. Selamat mencoba:)
 

(vem/zzu)
KOMENTAR PEMBACA