Sukses

Lifestyle

3 Ide Bekal Sehat Keluarga yang Praktis & Mudah Dibuat, Coba Yuk!

Menerapkan gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan. Demi kesehatan keluarga yang terlindung dengan maksimal, membawakan bekal makan siang untuk suami dan buah hati tercinta bisa jadi pilihan.

Ada banyak keuntungan dengan membawa bekal dari rumah, lho. Mulai dari lebih hemat di kantong, terjamin kebersihannya, kandungan gizi terpenuhi dengan baik, dan bisa disesuaikan dengan selera. Membuat bekal untuk keluarga nggak sulit kok, Ladies. Beberapa resep berikut bisa menjadi pilihan.

Bola-Bola Nasi ala Korea

(c) Cookpad.com

Bola-bola nasi ala Korea bisa menjadi menu bekal makan siang yang praktis untuk dipilih. Ikuti beberapa langkah praktisnya.

Bahan yang Diperlukan:

- Nasi yang sudah tidak terlalu panas.

- Garam dan merica secukupnya.

- 1 butir telur dimasak orak-arik

- Rumput laut / nori, iris kasar

- Ayam / daging sapi cincang.

- Saus teriyaki dan minyak wijen.

- Irisan bawang bombay dan wortel

- Jagung, sisir dan rebus

Cara Membuat:

- Rendam daging sapi/ayam cincang yang sudah disiapkan di dalam kombinasi minyak wijen dan saus teriyaki selama 30 menit.

- Panaskan minyak, tumis bawang bombay, masukkan daging cincang yang sudah melalui proses perendaman. Tambahkan saus teriyaki dan minyak wijen jika rasanya belum pas. Angkat.

- Siapkan baskom besar, masukkan tumisan daging, bawang bombay, telur yang sudah diorak-arik, jagung rebus, rumput laut, garam, dan merica secukupnya ke dalamnya. Gunakan sarung tangan dan campur semua bahan jadi satu. Buat adonan bola-bola nasi.

- Setelah selesai, tata bola-bola nasi ini di dalam kotak bekal makan siang suami dan anak. Bawakan juga buah-buahan favorit untuk melengkapi kebutuhan gizi mereka.

Nasi Uduk Bento

(c) Satujam.com

Kalau punya anak-anak yang susah makan, bawakan buah hati bekal unik dan sehat seperti Nasi Uduk Bento saja. Caranya nggak kalah mudah, lho.

Bahan yang Perlu Disiapkan:

- 3 Cangkir beras yang sudah dicuci bersih

- 2 lembar daun salam yang sudah dicuci

- 2 batang sereh

- Garam secukupnya

- 200 ml santan dari 2 butir kelapa

- Air secukupnya

- Telur dadar, ayam suwir, irisan tomat dan timun.

Cara Membuat:

- Masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker, tambahkan air, santan, daun salam, sereh dan garam. Aduk hingga merata.

- Nyalakan rice cooker, tunggu hingga 20 menit. Buka tutupnya dan aduk-aduk kembali agar beras yang dimasak jadi lebih pulen.

- Saat indikator rice cooker sudah menunjukkan nasi matang, aduk kembali. Setelah itu, tata nasi uduk di dalam kotak bento si kecil. Tambahkan telur dadar untuk menyelimuti bagian atasnya. Setelah itu, tambahkan irisan tomat untuk membentuk karakter mata, ayam suwir untuk membentuk rambut, dan irisan mentimun yang dibuat menyerupai senyuman. Nah, bekal Nasi Uduk Bento kreatif untuk si kecil pun sudah siap.

Banana Cake

(c) Compulsivefoodie.com

Kadang jika sore hari masih terasa lapar, bisa buatkan cake olahan sendiri sebagai bekal cemilan yang sehat. Homemade banana cake bisa menjadi pilihan praktis dan bergizi. Hanya bermodal rice cooker saja, kamu bisa membuatnya dengan mengikuti langkah berikut.

Bahan yang Perlu Disiapkan:

- 2 buah pisang raja/ambon dengan kematangan sempurna, haluskan.

- 155 gr tepung terigu yang ditambahkan dengan ½ sdt baking soda.

- Madu secukupnya.

- 150 ml mentega cair atau minyak sayur.

Cara Membuat:

- Masukkan telur, madu, garam, vanili, kocok hingga rata.

- Tambahkan pisang yang telah dihaluskan, aduk merata. Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan supaya lebih merata.

- Masukkan mentega cair atau minyak sayur sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk.

- Setelah itu, masukkan adonan ke dalam rice cooker yang sudah diolesi mentega cair, tekan tombol cook. Tunggu hingga menjadi warm. Lakukan cara ini hingga 2 kali agar cake matang dengan sempurna.

- Angkat panci rice cooker, tunggu hingga agak dingin. Balik banana cake di piring yang lebih besar. Potong-potong sesuai selera.

- Masukkan ke dalam kotak bekal suami dan anak. Taburkan dengan gula halus secukupnya. Tambahkan irisan buah-buahan di kotak bekal yang lain untuk menjaga asupan gizi keluarga tetap seimbang.

Membuat menu bekal praktis untuk keluarga ternyata nggak sulit, kan? Bermodal rice cooker, olahan nasi hingga cake untuk bekal makan siang keluarga dapat dikreasikan di dapur sendiri. Bekal dari rumah dapat memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi tiap orang, sehingga dijamin lebih sehat. Buat mengetahui kebutuhan kalori yang tepat untuk porsi makan siang, cek langsung lewat infografis berikut.

(c) Philips

Demi mendukung gaya hidup sehat sekeluarga, Philips mempersembahkan rice cooker yang dapat menunjang kegiatan memasak bekal sehat keluarga setiap harinya. Philips Rice Cooker menjadi pilihan yang berkualitas untuk mewujudkan gaya hidup sehat keluarga!

(c) Philips

Philips Rice Cooker punya berbagai keunggulan yang bisa menanak nasi lebih maksimal. Rice cooker ini dilengkapi dengan panci ProCeramic canggih yang punya beberapa kelebihan. Mulai dari 3x lebih keras dari panci lain, tahan gores, hingga menjaga nasi tetap hangat dan segar selama 48 jam. Selain itu, ada juga resin protektif melindungi logam dan menjadikan panci lebih kuat serta awet. Logam paduan ekstra tebal dapat menyebarkan panas secara merata sehingga tekstur nasi yang dimasak sesuai keinginan.

(c) Philips

Kehebatan lainnya adalah rice cooker ini memiliki kapasitas memasak hingga 2 liter yang cukup untuk 14 orang. Bodinya terbuat dari stainless steel yang awet untuk dipakai dalam jangka waktu lama. Menariknya lagi, rice cooker ini terdiri dari berbagai warna menarik yang bisa disesuaikan dengan nuansa dapur di rumah. Pilih sendiri warna favorit kamu deh!

Nah, ada promo menarik yang diberikan oleh Philips Indonesia nih. Setiap pembelian Philips Rice Cooker tipe HD3128, HD3127, dan HD3118 kemasan berstiker khusus berhadiah 5 tempat makan multifungsi yang bisa digunakan untuk bekal makan sehat keluarga.

Yuk, saatnya kreasikan sendiri #BekalSehatKita dengan Philips Rice Cooker! Info lebih lanjut klik di sini, ya.

(c) Philips

 

(adv/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading