Sukses

Parenting

5 Kesalahan Besar Dalam Pernikahan Yang Sering Dilakukan Wanita

Setiap orang pasti akan melakukan kesalahan, karena tidak ada manusia yang sempurna. Hal ini pasti jadi hal yang wajar bukan? Namun ada beberapa kesalahan yang seringkali fatal yang ternyata sering dilakukan para istri dalam kehidupan rumah tangganya, seperti berikut ini.

    Memberi terlalu banyak

    Dalam pernikahan Anda memberi dan diberi. Jangan hanya memberi apa yang Anda miliki saja tanpa ada timbal balik dari pasangan, Anda bisa rugi sendiri. Memang tidak ada kata pamrih dalam pernikahan, tapi jika hanya Anda yang aktif memberi, bisa jadi Anda hanya dimanfaatkan saja.

    Terlalu bergantung

    Anda mungkin memang berposisi sebagai istri dan ibu rumah tangga, tapi hal ini tidak berarti Anda jadi bergantung berlebihan kepada suami. Kemandirian itu diperlukan untuk banyak hal. Buat diri Anda bisa diandalkan, lebih berarti dan membantu suami sebisanya.

    Berhenti merasa bersalah berlebihan

    Merasa bersalah saat melakukan kesalahan itu wajar, tapi jangan lantas merasa bersalah terus-terusan, apalagi untuk hal-hal yang bukan salah Anda karena masalah akan selalu datang tanpa Anda undang. Anda akan dianggap terlalu lemah dan mudah direndahkan jika seperti ini.

    Tidak memberi kelonggaran

    Cemburu boleh saja, tapi jangan sampai Anda membatasi apa yang bisa dan tidak bisa ia lakukan tanpa alasan kuat. Pernikahan memang hubungan yang mengikat, tapi ikatan yang terlalu kuat bisa membuat pasangan stres dan berujung pada kehancuran rumah tangga.

    Tidak punya rasa percaya

    Anda harus percaya jika ia setia. Hanya Anda yang ada di dalam hidupnya. Dengan begini hati Anda akan lebih tenang. Anda jadi lebih ikhlas memberi. Tak perlu mengembangkan rasa curiga berlebihan.

Sebagai istri, Anda perlu menempatkan diri sebaik mungkin. Kurangi perasaan negatif, dan kembangkan perasaan positif. Tidak ada pernikahan yang sempurna, semua pasti menghadapi masalahnya sendiri, tapi jangan jadikan kelemahan Anda yang jadi penyebabnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading