Sukses

Lifestyle

Pria Bukan Pendengar Yang Baik, Inilah Alasannya

Sudah berapa kali Anda memberitahunya? Dan berkali-kali pula ia malah cuek dan tidak mendengarkan Anda. Tetapi, begitulah pria. Dengan seluruh kelebihan dan kekurangannya, pria bukanlah pendengar yang baik.

Tak seperti wanita yang lebih bersabar dan telaten mendengarkan, pria cenderung menganggap mendengarkan itu...

Tidak selalu penting

Pria sangat selektif akan informasi yang ingin didengarnya. Sehingga ketika ia merasa itu tidak terlalu penting, maka informasi itu hanya akan masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan.

Bahkan, hal ini tak terjadi ketika ia dewasa saja. Sejak kecil memang ia sudah menyaring semua informasi tersebut agar otaknya tidak dipenuhi oleh kekhawatiran berlebihan.

Beda pemahaman

Pria mungkin mendengarkan apa yang Anda ucapkan, tetapi apa yang mereka pahami belum tentu sama dengan yang Anda pahami. Inilah yang menyebabkan pria enggan mendengarkan. Mereka malas terlibat masalah atau berdebat dengan Anda. Mereka akan lebih memilih tidak tahu atau pura-pura tidak tahu demi mencari keselamatan diri.

Perbedaan emosi

Pria menyadari perbedaan emosinya dengan wanita, sehingga akan lebih baik apabila ia bersikap cuek dan tidak terlalu mendengarkan, ketimbang ia bisa jadi panas dan meledak emosinya. Wanita lebih pandai menyimpan perasaan dan mengendalikannya. Sedangkan pria berbeda, dan mereka paham akan hal itu.

Tidak tahan kritik

Pria memang pada dasarnya tidak tahan dikritik, sehingga ia memilih tidak mendengarkan Anda. Ia ingin berpikir bahwa dirinya tetap positif dan percaya pada diri. Cara yang paling ampuh adalah dengan mengabaikan Anda.

Tidak suka dikoreksi

Sekalipun salah, pria lebih suka menyadari kesalahannya sendiri. Ia tidak suka ada orang yang mengoreksi tindakannya. Ia merasa punya waktu untuk menyadari kesalahan, tetapi tidak sekarang dan tidak saat itu juga. Sehingga cenderung ia seperti melakukan introspeksi yang membuat ia sadar bahwa ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

Merasa lebih kuat

Pria merasa lebih kuat dan tidak cengeng ketika ia tidak selalu mendengarkan Anda. Apa yang Anda bicarakan biasanya mempengaruhinya secara emosional. Sehingga ia akan menutup jalur tersebut agar ia tetap bisa menjadi pria yang kuat dan tidak mudah jatuh.

Rasional

Pria enggan mendengarkan wanita karena lebih berpikir rasional. Ketika menangkap sesuatu masalah, pria akan berpikir secara sistematis soal permasalahan tersebut. Dan seketika ia bisa tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak perlu dilakukan.

Pria akan menghindari hal-hal yang berbau emosional karena dapat mengubah dan mempengaruhi cara berpikirnya. Yang mana akan membuat masalah tidak selesai, namun justru semakin bertambah pelik.

Lebih mementingkan hasil

Pria cenderung lebih mementingkan hasil akhir ketimbang proses. Ia mungkin tidak terlalu mendengarkan Anda, tetapi ia peduli pada Anda.

Ia mungkin juga tidak terlalu banyak berbicara, tetapi ia tahu harus bersikap bagaimana.

Tidak selamanya ketika pria enggan mendengarkan Anda, maka ia membenci Anda. Ia sebenarnya menyayangi Anda kok, hanya saja ia punya cara yang berbeda untuk menunjukkan rasa sayangnya itu, termasuk problem mendengarkan.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading