Sukses

Lifestyle

Tips Mempersiapkan Pernikahan Dengan Biaya Terjangkau dan Berkesan

Menikah adalah sebuah peristiwa besar yang dialami oleh seseorang, terlebih lagi oleh perempuan. Karena perayaan pernikahan hanya akan dilakukan sekali seumur hidup, pasti banyak di antara Anda yang ingin merayakannya dengan sangat berkesan. Membuatnya menjadi sebuah acara pernikahan yang mengesankan dan tidak terlupakan. Karena itu biasanya perempuan sangat detail dalam memikirkan persiapan pernikahannya dan tidak jarang keinginan untuk membuat sebuah pesta pernikahan yang diinginkan terhalang dengan biaya yang tinggi. Sebenarnya untuk membuat sebuah pernikahan yang berkesan, tidak melulu harus dengan biaya yang tinggi Ladies. Harap bedakan arti dari berkesan dan mewah. Anda tentu bisa mendapatkan sebuah pernikahan yang sederhana tetapi tidak terlupakan. Yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan beberapa detail dibawah ini.

Sebelum melakukan sebuah pernikahan, Anda tentunya akan membuat perencanaan terlebih dahulu. Jadi saat membuat susunan rencana tersebut, Anda dapat membaca beberapa tips yang dipersembahkan oleh vemale untuk membantu Anda mengatasi permasalahan keuangan untuk pernikahan. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu:    

 

  1. Saat sudah memutuskan untuk melangsungkan pernikahan, segera diskusikan rencana Anda tersebut dengan keluarga. Jujur dengan budget yang Anda dan pasangan miliki tidak pernah ada salahnya. Karena biasanya tiap anggota keluarga memiliki solusi dari masalah-masalah yang akan Anda hadapi. Siapa tahu mereka punya kenalan pihak katering, photographer, pembuat undangan atau lokasi yang bisa memudahkan Anda dan memperkecil biaya pengeluaran.  
  2. Membuat daftar harga dan anggaran biaya agar Anda bisa lebih fleksibel dalam memilih apa saja yang dibutuhkan saat pesta pernikahan. Jangan membelanjakan hal-hal yang tidak perlu. Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk membeli hal-hal yang bersifat sebagai pelengkap dan di luar budget.
  3. Tentukan Lokasi pernikahan, jika Anda berencana untuk melangsungkan acara pernikahan di rumah itu artinya Anda bisa melakukan penghematan biaya sewa gedung. Tetapi jika Anda akan mengadakan pesta pernikahan di gedung, sebaiknya pilih gedung dengan kapasitas sesuai undangan. Jangan memilih gedung yang terlalu besar sementara undangan Anda dalam jumlah kecil.
  4. Tentukan jumlah undangan sesegera mungkin. Pikirkan berapa jumlah tamu yang akan Anda undangan saat pernikahan Anda. Jika memang keluarga dan sahabat dekat saja, katering dapat dilakukan sendiri atau dengan melibatkan rekan-rekan dan keluarga.
  5. Lakukan rangkaian prosesi acara dalam satu hari saja antara akad nikah dan resepsi. Langsungkan pada jam yang berurutan untuk meminimalkan biaya ekstra. Jadi setelah selesai akad nikah, resepsi bisa langsung dilakukan.
  6. Saat Anda berencana untuk membeli bahan pakaian untuk seragam pernikahan. Disarankan untuk membelinya pada bulan-bulan Maret sampai dengan bulan Juni. Karena pada bulan-bulan tersebut, harga bahan sedang turun. Hindari membeli bahan menjelang hari besar karena Anda akan mendapatkan harga yang cukup tinggi.
  7. Pilih persiapan pernikahan dalam bentuk paket. Saat Anda memilih gedung, biasanya mereka akan menawarkan paket-paket pernikahan dalam bentuk all in one. Pilih paket yang sudah mencakup katering, dekorasi, foto, pakaian pengantin dan tata rias. Biasanya pilihan cukup beragam lho Ladies dan harga cenderung lebih murah bila Anda memilih jenis paket pernikahan.
  8. Sebagai pengisi acara, daulat sahabat-sahabat dekat Anda untuk bernyanyi saat resepsi. Jadi Anda juga dapat memangkas budget untuk pengisi acara dan mendapatkan keakraban acara karena yang menyanyi adalah sahabat-sahabat Anda sendiri.
  9. Be creative saat membuat undangan. Luangkan waktu jauh-jauh hari sebelum acara untuk mencoba membuat undangan yang manis dan kreatif hasil kerja Anda dan pasangan. Selain harga yang lebih murah bisa dicapai, Anda juga jadi memiliki waktu untuk bisa lebih dekat dengan pasangan. Anda juga bisa manfaatkan jejaring sosial dengan cara yang unik untuk menyebar undangan. Percayalah Ladies, undangan dalam bentuk hard copy hanya akan berlaku selama 10 menit. Saat tamu-tamu yang Anda undang sudah tahu dim ana detail pernikahan Anda seperti lokasi, waktu dan tempat maka tong sampahlah yang akan menampung bekas undangan.   
  10. Sama dengan undangan, jika Anda memang benar-benar kreatif sangat disarankan untuk membuat souvenir sendiri. Pilih bahan-bahan daur ulang dengan motif yang menarik. Anda bisa melihat referensinya dengan menonton video-video D.I.Y di youtube.

Nah Ladies, selain untuk Anda tips pernikahan tersebut dapat Anda bagikan pada sahabat dan keluarga yang akan melangsungkan pernikahan. Sebaiknya, Anda mengumpulkan data-data pernikahan tersebut dengan segala macam detailnya dalam sebuah buku, agar Anda bisa dengan mudah mencarinya kembali saat Anda membutuhkannya. Selamat menyusun rencana dan selamat menempuh hidup baru Ladies. Semoga pernikahan Anda langgeng dan bahagia sampai akhir hayat.

(vem/cjm/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading