Sukses

Lifestyle

7 Pelaut Wanita Paling Tangguh Di Dunia

Nenek moyangku orang pelaut, gemar mengarung luas samudra. Menerjang ombak tiada takut. Menempuh badai sudah biasa - Nenek moyangku

Pasti Ladies sudah pernah mendengar lagu yang satu ini bukan? Yup, ini adalah lagu Nenek Moyangku yang sering kita dengar ketika kita masih kecil. Dalam lirilk lagu tersebut disebutkan bahwa nenek moyangku seorang pelaut. Benarkah? Wow, pasti wanita tersebut tangguh sekali.

Profesi pelaut memang biasa diidentikkan dengan sosok laki-laki yang tangguh, kuat dan tahan banting. Namun, siapa bilang wanita tidak cocok dengan pekerjaan yang satu ini? Ini dia bukti bahwa seorang wanita bisa juga menjadi pelaut.

(vem/dyn)

Grace O'Malley

Wanita yang berasal dari Irlandia ini disebut sebagai salah satu pelaut wanita terbaik di dunia. Ia menjadi seorang pelaut setelah kematian ayahnyakarena ia ingin membuktikan bahwa ia juga bisa menjadi yang terbaik seperti pelaut pria lainnya.

Sejarah dunia mencatat Grace sebagai bajak laut wanita paling hebat. Kemampuannya berlayar bahkan lebih baik dari pelaut pria waktu itu. Hal it pula yang membuat ia menjadi bajak laut yang ulung.

Skipper Thuridur

Skipper Thuridur mempunyai nama asli Thuridur Einarsdottir. Ia yang lahir pada tahun 1777 dienal sebagai kapten nelayan wanita dari Islandia. Pada usia yang ke-11, ia sudah mulai ikut dalam pelayaran ayahnya.

Ia mendapatkan julukan 'Skipper' karena kelihaiannya menjinakkan laut dalam cuaca yang ekstem. Selain itu, ia juga dikenal unik karena anak buah kapal yang ia bawa juga wanita. Karena kehebatannya itulah, di tempat ia lahir terdapat replika dari kabin kapalnya.

Krystyna Chojnowska-Liskiewicz

Krystyna Chojnowska-Liskiewicz lahir pada 15 Juli 1936 di Polandia. Dia adalah wanita pertama yang berlayar sendirian atau solo di seluruh dunia. Dia mulai berlayar dari Kepulauan Canary pada tanggal 28 Februai 1976 dan kembali pada tanggal 21 April 1978. Ia kemudian mencatat sejarah yag tidak terlupakan sebagai pelaut wanita pertama yang berhasil mengarungi samudra ke seluruh dunia.

Ia berhasil menyelesaikan perjalanannya mengelilingi dunia yang berjarak 31.166 mil laut atau sekitar 57.719 km dalam waktu 401 hari. Wah, inspiratif sekali, Ladies, menjadi wanita pertama yang berhasil menaklukka lautan.

Naomi James

Naomi James lahir di Selandia Baru. Ia lahir di sebuah peternakan domba yang dikelilingi daratan. Ia bahkan tidak mengetahui bagaimana  cara berenang hingga ia berumur 23 tahun. Namun, ini tidak menghalangi langkahnya untuk menjadi seorang pelaut.

Ia berhasil memecahkan rekor dunia dengan berlayar sendiri (solo) mengelilingi dunia selama 272 hari. Ia mempelajari cara untuk berlayar dari suaminya, Rob James yang menikahinya setelah ia kembali dari perjalanan keliling dunia.

Kay Cotte

Kabarnya, Kay adalah pelaut terbaik jaman sekarang. Pelaut wanita asala Australia ini telah menaklukan lautan dan mengelilingi dunia dengan berlayar seorang diri hanya dalam waktu 189 hari. Ini membuat namanya menjadi pelaut wanita nomor satu yang berhasil mengelilingi dunia dengan berlayar seorang diri. Hebat, ya, Ladies?

Ia memulai perjalanannya pada tanggal 29 November 1987 di pelabuhan Sydney. Kapal layar yang menemaninya adalah Blackmores First Lady yang menjulang tinggi 11 meter. Dengan kapalnya ini, ia kembali ke Pelabuhan Sydney pada tanggal 5 Juni 1988. Di tahun yang sama, ia pun menerima penghargaan Australian of The Year karena prestasi yang dicapainya ini.

Laura Dekker

Laura Dekker adalah pelaut waita paling muda pada abad 21 ini. Ia telah berlayar mengelilingi dunia seorang diri. Bayangkan saja, Ladies, saat berlayar ia baru berusia 16 tahun. Remaja wanita asal Belanda ini tiba di Kepulauan Karibia pada Sabtu 21 Januari 2012.

Bersama Guppy, kapal layarnya yang berukuran 11x5 meter ini ia melakukan pelayaran selama satu tahun satu hari. Ia pun merayakan ulang tahunnya dalam pelayaran. Walaupun sempat ditentang oleh berbagai pihak mulai dari orang tua hinnga pemerintahan Belanda karena terlalu muda untuk melakukan pelayaran seorang diri, ia pun mendapatkan hak untuk berlayar dengan persyaratan harus menjalani latihan pertolongan pertama.

Laksamana Malahayati

Namanya memang belum dikenal secara luas, terlebih media barat tidakmencatatnya dalam sejarah. Karena itulah, tak heran nama Laksamana Malahayati tidak masuk dalam daftar pelaut wanita hebat dunia.

Padahal, sebagai pelaut dan pejuang wanita, Malahayati pernah memimpin 2000 orang pasukan Inong Balee, yakni janda-janda dari pahlawan yang telah tewas. Mereka berperang melawan kapal Belanda pada tanggal 11 September 1599. Dalam perang tersebut, ia juga berhasil membunuh Cornelis de Houtman. Ia pun kemudian mendapatkan gelar Laksamana dan kemudian dikenal sebagai Laksamana Malayahati.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading