Sukses

Lifestyle

Aturan Pesta (Yang Perlu Anda Tahu!)

Memastikan segala persiapan pesta Anda berjalan sesuai rencana, yang in the end membuat tamu undangan tak henti berdansa. Hitung 1...2...3... It’s party time, darling!

HOST VS GUEST

Ada dua pihak dalam sebuah pesta: Sang punya acara dan para tamunya. Ada kalanya Anda yang bertindak sebagai host, lalu lain waktu Anda yang jadi tamunya. Walau keduanya berhubungan dengan pesta, Anda harus tetap bisa menyesuaikan dengan posisi Anda saat itu. Jangan khawatir, Cosmo punya beberapa unwritten etiquette rules (Yeay!) yang akan membuat Anda menjadi host sebuah pesta yang tak terlupakan, pun sebaliknya tamu yang sangat menyenangkan! 

[initial]

Source: Cosmopolitan, edisi September 2012

(vem/gil)

Strategi Jadi: Host Pesta Terbaik

1. Undang Dengan Jelas

Pastikan Anda mencantumkan segala informasi penting dalam undangan yang Anda bagikan. Mulai dari alamat lengkap di mana pesta diadakan, urusan reservasinya, serta berikan dresscode pada para tamu – tidak ada dresscode spesifik? Formal atau kasual juga sudah cukup membantu kok. Pastikan juga Anda mengirimkan undangan tersebut secara timely manner. Ya, jangan dadakan!

2. Rencanakan Sebaik Mungkin

Awal kunci kesuksesan sebuah pesta terletak pada list tamu undangan Anda, ladies. Buatlah time table yang bermula dari persiapan pesta, untuk mendata agar jangan sampai ada detail yang terlupa. Maka, sebelum para tamu mulai berdatangan, Anda masih punya waktu untuk relaks.

3. Tetap Tenang

Yes, we get it. It’s your party, so you want to take control of everything. Tapi jangan sampai Anda sibuk dengan detail lain dan jadi tak menikmati pesta Anda, darling! Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain saat pesta berlangsung. Lagipula, undangan Anda pasti jadi tidak nyaman jika melihat Anda yang “terlalu” sibuk. Seolah sedang membuat Anda terbeban dengan pesta tersebut.

4. Buat Tamu Merasa Nyaman

Pastikan semua tamu Anda merasa “disambut” selama pesta. Coba perhatikan setiap tamu Anda dengan baik. Apabila ia kehabisan minuman, Anda bisa datang menyapanya sembari memberi gelas baru. Ada yang berdiri sendirian? Hampiri, ajak berbincang, dan kenalkan pada tamu lainnya.

5. Lebih Fleksibel

Dessert pesanan tak kunjung datang? Seorang tamu mengajak teman yang tak dikenal, padahal Anda mengadakan pesta privat dengan orang-orang terdekat saja? Take a deep breath, honey. Jangan biarkan satu hal kecil merusak mood pesta. Fleksibel saja dan hadapi dengan senyuman. Lupakan dessert mouse chocolate dan ganti dengan ice cream yang mudah dibeli. Perkenalkan diri Anda pada “tamu tak diundang” tersebut sehingga ia merasa nyaman. Siapa tahu tamu ini tak kalah menyenangkan?

6. Beri Apresiasi

Yang ini wajib Anda lakukan: Ucapkan terimakasih pada tiap tamu yang datang sebelum mereka meninggalkan pesta. Ada yang membawakan hadiah? Jangan lupa mengucapkan terima kasih untuk hadiah tersebut ya.

Strategi Jadi: Tamu Paling Menyenangkan

1. RSVP

Saat ini, RSVP bukan sesuatu yang opsional lagi, Anda harus mengabari apakah Anda akan hadir atau tidak di pesta tersebut. Dan...lakukan hal ini secepatnya. Jangan menunda-nunda untuk mengabari pihak yang mengundang. Bahkan bila tak diminta untuk RSVP, tak ada salahnya kan memberi tahu pada teman tersebut bahwa Anda akan datang?

2. Tepat Waktu

Masih jam karet? Oh ladies, then you’re so lame! Jadikan ketepatan waktu sebagai budaya Anda. Saat diundang ke sebuah acara, datanglah sesuai dengan waktu di undangan, atau maksimal 15 menit setelahnya. Sebaliknya, jangan datang terlalu awal. Ya, biasanya sang host masih melakukan last-minute preparation dan belum mengharapkan ada tamu yang datang.

3. Berpartisipasi Dengan Baik

Saat dikatakan saatnya makan malam, segeralah berpindah ke area makan. Jika Anda diminta ikut serta dalam games yang diadakan, terima ajakan tersebut dengan ramah dan antusias. Meski sebenarnya Anda tak tertarik, coba kooperatif sehingga semua yang ada ikut merasakan kegembiraan pesta.

4. Don’t Overindulge

FREE FLOW! Kata ini mungkin mengundang senyuman di wajah Anda. But darling, Anda tak mau orang yang ada di pesta mengingat Anda sebagai 'wanita yang mabuk di pesta kemarin' kan? Jadi pastikan konsumsi alkohol Anda ada pada level moderate hingga low. Oh ya, jangan pula menikmati makanan dengan porsi berlebih karena Anda akan jadi pusat perhatian untuk alasan yang tidak menyenangkan.

5. Patuhi Dresscode

Pastikan Anda berpakaian sesuai dresscode yang tertera pada undangan. Jika Anda masih bingung, jangan ragu untuk menanyakan lebih detail pada teman yang mengundang. Don’t worry, it’s never inappropriate to ask the host about it. Psst, ingat satu hal ini: Lebih baik overdressed daripada underdressed!

6. Ucapkan Terima Kasih

Saat Anda sampai di tempat acara, hampiri sang host agar ia tahu keberadaan Anda. Sama halnya sebelum Anda meninggalkan pesta, pastikan Anda mengucapkan terima kasih dan sampai jumpa pada host acara tersebut. Jika yang Anda hadiri adalah pesta formal, tak ada salahnya menyampaikan terima kasih secara tertulis maksimal seminggu setelahnya.

Berbaur di Pesta

Memang, tidak semua orang bisa jadi social butterfly secara alami. Akui saja Anda pasti bingung dan (sejujurnya) jealous melihat mereka yang bisa dengan mudahnya berbincang santai bahkan dengan orang yang baru dikenal. Tapi bukan berarti Anda yang tidak memiliki “bakat” tersebut kemudian “mati gaya” selama ada di pesta. Dengan mengikuti beberapa tip berikut – plus a dose of confidence, of course – Anda bisa bersosialisasi layaknya bintang pesta.

Pikirkan mengenai orang lain

Jika Anda pemalu, pelajari cara membuka diri di hadapan orang lain dan berhentilah berharap mereka yang akan menarik Anda untuk berbincang. Sebaliknya, bila Anda orang yang terbuka, coba redam sedikit antusiasme Anda dan beri kesempatan pada orang lain untuk bercerita.

Jadi pribadi yang menyenangkan

Bagaimana pun suasana hati Anda, jangan tunjukkan pada orang lain – terutama yang baru Anda kenal! Yes darling, don’t rain on anyone else’s parade. Mulailah dengan senyuman, bicara dengan nada yang ceria, tak perlu menceritakan “kesialan” Anda, di akhir percakapan katakan bahwa Anda senang berbicara dengannya.

Lebih banyak dengar daripada bicara

Manusia punya dua telinga dan satu mulut, jadi gunakan sesuai dengan proporsinya. Bukan jadi pasif, tapi tahu kapan saat yang tepat untuk bicara. Lagipula, siapa yang tak senang bila ada orang yang mendengarkan ceritanya dengan antusias?

Hindari komentar negatif

Satu yang pasti: Jangan mulai pembicaraan dengan komentar negatif, semisal, “Makanannya kurang enak, ya!” atau, “Pestanya gak seru nih.” Selain tidak sopan, bisa saja ada tamu lain yang mendengar perkataan tersebut, bahkan Anda tidak tahu kan kalau yang Anda ajak bicara adalah sahabat dari host pesta tersebut? Oh NO!

Temukan kesamaan minat

Yang paling mudah untuk berbincang dengan orang baru adalah menemukan topik yang juga ia gemari. Mulailah dari hal umum seperti binatang peliharaan, traveling, fashion (apalagi bila ia mengenakan tas lansiran terbaru – BINGO!), film dan musik atau berita yang sedang hangat.

Siapkan Ini Sebelum Pesta

Baik Anda sedang mempersiapkan intimate dinner party, pesta topeng, slumber party with the girls, pesta akhir tahun, atau pesta ulang tahun si dia – Anda harus tahu (dan lakukan!) beberapa hal dasar berikut ini. Yup, to ensure your next party goes off without a hitch!

1. Tentukan Budget

Attention! Sebelum mulai menentukan tema ataupun di mana pesta akan diadakan, sangat penting mengetahui berapa besar budget yang Anda miliki. Kata budget dan pesta memang tidak mudah disatukan, tapi tahu berapa besar nominal yang ingin Anda keluarkan penting agar Anda bisa bikin pesta yang supercool, tanpa harus overspending. So, sit down and start budgeting...NOW!

2. Daftar Undangan

Selanjutnya cari tahu berapa banyak tamu yang akan Anda undang. Dengan begini, Anda bisa menentukan di mana pesta akan diadakan, berapa banyak makanan dan minuman yang harus disiapkan, dan berapa banyak undangan yang perlu dibuat.

3. Dekorasi Spesial

Anda hanya perlu menambahkan dekorasi untuk mengubah sebuah ruangan jadi lokasi pesta yang fabulous, dan mengatur suasana pesta seperti yang Anda inginkan. Mulai dari menggunakan jasa dekorator, atau mengintip inspirasi dekor dari majalah dan website? Bisa!

4. Food and Drink

Happy tummy brings happy feelings. Ini dia alasan utama mengapa Anda perlu menyediakan makanan lezat bagi para tamu. Tak perlu berlebih, sesuaikan saja dengan jenis pesta Anda. Baik itu makanan ringan sepereti nachos, cupcakes, popcorn, hingga makanan utama – pastikan kualitas rasanya terjaga, serta kreatif dengan tampilannya. Psst, don’t forget some extra booze to brighten up the day!

5. Hiburan: Wajib!

Jangan sampai pesta yang Anda persiapkan jadi “mati gaya”. Caranya? Siapkan beberapa elemen hiburan yang penting. Mulai dari musik (bikin playlist yang happy mood!), siapkan TV dengan video menarik, atau biarkan tamu merekam berbagai aksi dan kesan mereka akan pesta Anda. Must be fun! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading