Sukses

Lifestyle

Cara Berdiskusi dengan Orang Tua Seputar Anggaran Pernikahan

Kini semakin banyak pasangan yang mengatur anggaran pernikahan, dengan banyaknya pasangan berusia produktif yang menikah, artinya makin banyak pasangan yang berkemampuan membiayai pernikahannya sendiri, tidak seperti 20 tahun yang lalu. Bagaimanapun, masih ada juga pasangan yang membutuhkan bantuan finansial dari orang tua. Namun meminta bantuan finansial adalah subjek yang sensitif. Ini caranya supaya diskusi berjalan lancar.

  1. Bicara dengan pasangan tentang gaya pernikahan yang diinginkan sebelum membicarakan hal lain. Duduk dengannya, dan bicarakan secara serius, apakah pernikahan di kebun, di pantai hingga ke detail seperti berapa banyak tamu yang diundang, untuk membantu menghitung jumlah biaya pernikahan. Mulai melakukan riset berapa biaya yang dibutuhkan.
  2. Putuskan seberapa besar Anda dan pasangan bisa berkontribusi. Sebelum bertanya pada orang tua untuk membantu, penting untuk memutuskan jumlah yang bisa Anda keluarkan. Apakah Anda punya tabungan yang bisa digunakan ? Apapun itu Anda butuh mengerti bahwa Anda dan pasangan tidak bisa datang dengan tangan kosong. Mereka mungkin ingin Anda ikut membayar biaya pernikahan.
  3. Jangan menjanjikan apapun sebelum Anda tahu anggaran sebenarnya. Sampai Anda menghitung anggaran akhir, jangan memesan apapun. Jangan mengarang jumlah yang bisa dikeluarkan oleh orang tua atau yang bisa dikeluarkan oleh Anda, jika tidak ingin berakibat salah pada akhirnya. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah Anda harus membobol tabungan untuk kelebihan dana.
  4. Ajak orang tua Anda untuk berdiskusi soal anggaran pernikahan. Apapun yang Anda lakukan, jangan mengagetkan orang tua dengan pembicaraan yang mendadak soal biaya pernikahan. Beritahu mereka sebelumnya agar punya waktu untuk berpikir terlebih dahulu sebelum akhirnya berbicara. Ingat, apakah orangtua Anda sudah bercerai atau masih bersama, Anda tetap wajib memberi tahu keduanya.
  5. Begitu Anda memutuskan waktu yang tepat untuk berdiskusi, biarkan orang tua Anda memahami ide Anda tentang pernikahan. Jelaskan juga jika ada pilihan yang tersedia dan jumlah yang mungkin Anda keluarkan untuk berkontribusi. Jika mereka bertanya duluan, Tanya apakah mereka bisa membantu. Jelaskan dengan lengkap angka pastinya.
  6. Pastikan Anda mengerti harapan orang tua sebelum mengharapkan mereka membantu pernikahan Anda. Diskusikan sejauh mana Anda ingin mereka terlibat sebelum menerima uangnya. Beberapa orangtua mungkin ingin mengatur seluruhnya, ada beberapa di antaranya yang ingin mengatur sebagian. Pertimbangkan kenyamanan Anda dan pasangan dengan permintaan orang tua Anda.
  7. Semakin besar tak selalu semakin baik. Jika setelah membicarakan detail dengan orang tua biaya yang mereka berikan tidak sebesar yang Anda harapkan, Anda mungkin akan kesal pada awalnya. Padahal, pesta pernikahan yang kecil-kecilan sesungguhnya memiliki kelebihan. Anda akan lebih kreatif tentunya!

Berdiskusi bersama orangtua tentang rencana pernikahan Anda akan membuat segalanya terasa lebih mudah. Semoga bermanfaat.

(vem/Bridestory/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading