/relationship/keluarga/24877-manfaat-ajak-anak-belajar-di-dapur.html
ADVERTORIAL

Manfaat Ajak Anak 'Belajar' di Dapur

Senin, 22 Juli 2013 00:01
  

Vemale.com - Liburan adalah momen paling seru untuk mengajak anak masuk dapur dan belajar masak-memasak. Manfaatnya banyak lho, mama.

Mengajak anak masuk dapur berarti membuka kesempatan untuk mengenalkan beragam jenis bahan makanan sehat beserta cara mengolahnya. Apalagi kalau anak susah makan  makanan sehat bikinan Anda. Bagi anak-anak, terutama usia TK, masuk ke dapur memberinya kesempatan mengenal beragam sayur mayur, buah, tepung dan bahan dengan memegangnya langsung, meremas, sambil mengenali bau dan warnanya masing-masing.

Bagi yang usianya lebih besar, pengalaman berkreasi di dapur akan memotivasi mereka untuk mencoba berbagai tantangan ketrampilan baru. Mereka akan tertarik untuk mencoba memarut, mengaduk cairan yang cepat membeku, mencetak, menghias dan lain sebagainya. Untuk kali ini, Anda jangan memusingkan tentang tetesan adonan dan remah-remah yang berserakan di dapur. Yang diutamakan adalah kesenangan anak berkegiatan bersama di dapur dan mempelajari hal-hal baru bersama Anda. Siapa tahu dia akan menjadi calon koki menggantikan Chef Juna nanti.

Sebelum mengajak anak masuk dapur, persiapkan dulu beberapa hal, di antaranya resep, bahan dan peralatan. Berikut langkah-langkah yang sebaiknya Anda siapkan:

  • Tentukan resep makanan yang akan dibuat. Pilih yang menarik tetapi mudah dibuat sesuai kemampuan anak Anda. Koleksi resep dari Video Masak ini cukup mudah dibuat bersama anak. Elaborasi dengan pilihan anak, misalnya pilih yang berisi bahan makanan kesukaannya, atau mencoba membuat resep yang sama sekali baru untuk mengenalkan anak dengan bermacam-macam jenis makanan. Dari sini, anak akan belajar berani menentukan pilihannya.
  • Sebelum mulai memasak, ajak anak ikut belanja bahan makanan dan memilih sendiri jenis bahan makanan yang ingin dimasaknya. Sambil berbelanja, sambil belajar. Kenalkan padanya berbagai jenis makanan sehat, nutrisi dan manfaat untuk kesehatannya. Pilih sedikit saja agar anak mudah memahami dan mengingatnya. Ulang langkah ini untuk pelajaran memasaik berikutnya.
  • Memilih waktu yang tepat untuk memasak itu penting. Misal saat liburan sekolah, akhir pekan atau libur puasa. Pilihan waktu yang tepat akan membuat Anda dan anak rileks menghabiskan waktu bersama.
  • Pilih peralatan memasak yang aman digunakan oleh anak, yang terbuat dari silikon, kayu atau plastik saja. Jelaskan fungsi setiap peralatan memasak serta risikonya apabila kita ceroboh dalam menggunakannya.
  • Usahakan memilih resep masakan yang waktu prosesnya tidak terlalu lama karena anak mudah sekali bosan. Gunakan kreatifitas Anda agar acara memasak ini menyenangkan dan berkesan bagi anak. Biarkan anak bebas bereksplorasi sejauh aman dilakukan.

Sesuaikan tugas memasak di dapur berdasarkan tahapan usia anak. Mulai dari usia 4 tahun anak sudah bisa diajarkan senangnya memasak, sampai anak usia 15 tahun yang sudah mandiri.

(vem/aik)


Rekomendasi Pilihan

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aries

Perlu istirahat sejenak.