Sukses

Parenting

Anak Jaman Sekarang Terlena Gadget Canggih

Saat ini, banyak orang yang memiliki gadget canggih seperti Smartphone dan Android. Perkembangan jaman yang pesat memang memudahkan orang untuk mencari informasi hanya dari ponsel maupun tab mereka. Hal ini pun dicontoh oleh anak-anak. Namun sadarkah kita bahwa generasi anak masa kini lebih akrab dengan gadget canggih daripada mainan atau permainan tradisional jaman kita dahulu?

Kita tidak perlu parno dengan kedekatan anak pada gadget canggih karena memang jaman sudah sangat berbeda antara dahulu dan sekarang. Namun perlu diperhatikan bahwa anak jaman sekarang tetap harus mendapatkan masa kecil mereka dengan baik. Menggunakan gadget canggih juga tetap memerlukan dampingan dari orang tua.

1. Membeli gadget canggih dengan bijak

Pastikan Anda membeli gadget dengan pertimbangan yang tepat. Jangan hanya membeli karena mereka ingin, tapi juga karena mereka butuhkan. Gadget canggih tentunya tidak murah, jadi sekalipun jaman sudah modern, pikirkan apakah membeli gadget tersebut memang akan efektif untuk anak Anda.

2. Waktu untuk mendampingi anak

Usahakan Anda juga paham mengenai teknologi dari gadget canggih tersebut. Sehingga Anda bisa mendampingi anak untuk menggunakannya. Hal ini untuk menghindari dampak negatif dari internet yang mungkin membahayakan seperti pornografi atau kecanduan gadget pada anak Anda.

3. Orang tua adalah panutan

Anak akan mengimitasi perbuatan orang tuanya, jadi pikirkan juga tentang apa yang Anda lakukan. Bila Anda sibuk dengan ponsel Anda, maka begitupula yang akan dilakukan oleh anak Anda. So, berilah contoh perilaku yang baik, misalnya memanage waktu antara bekerja, bersantai dan berinteraksi dengan keluarga.

Pola asuh jaman dulu tentu tidak bisa sepenuhnya diterapkan di jaman sekarang. Perlu sedikit modifikasi agar menyesuaikan dengan masa yang telah berubah. Namun kita bisa menerapkan nilai-nilai luhur di masa lalu pada anak kita dengan cara yang lebih fun dan modern.

 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading