Sukses

Parenting

Stop Kebiasaan Membentak Anak, Ini Tipsnya!

Salah satu tugas terberat yang dimiliki orang tua adalah mengendalikan emosi. Sebagai orang tua, kita mungkin gampang marah dan naik pitam ketika anak bandel. Tak segan kita untuk membentak demi memberinya pelajaran. Tapi membentak anak bisa berdampak negatif pada tumbuh kembangnya kelak.

Meski sulit, yuk kita berusaha untuk menghentikan kebiasaan membentak anak. Ada tips-tips sederhana yang bisa kita lakukan agar lebih mudah mengendalikan emosi. Langsung saja kita ikuti tipsnya di sini, ya Bunda.

1. Kenali Batas Kesabaran

Sabar mungkin tak ada batasnya. Tapi sebagai manusia biasa kadang rasanya kita ingin meledak saja saat sesuatu terjadi di luar kendali kita. Di sini pentingnya untuk bisa mengendalikan dan mengetahui batas kesabaran. Sebelum membentak, coba beri waktu 1-2 menit untuk menahannya. Tenangkan diri dan tanyakan kembali pada diri sendiri, "Apakah dengan membentak akan memberi dampak positif untuk anakku?"

2. Minta Bantuan Suami atau Orang Terdekatmu

Kadang kita perlu bantuan untuk bisa mengendalikan emosi kita. Saat berhadapan pada situasi yang bikin kita jengkel atau ingin marah-marah, coba izinkan suami atau orang terdekat ambil kendali untuk mengatasi situasi tersebut. Kadang kalau kita sudah emosi, berpikir jernih jadi hal yang serasa mustahil untuk dilakukan.

3. Jaga Pikiran Agar Tak Gampang Stres

Usahakan untuk selalu memiliki emosi dan pikiran yang stabil. Jangan gampang stres. Menjalani peran sebagai ibu memang tak mudah. Tapi selalu ada cara agar kita bisa mengusahakan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak yang positif. Setiap kali ada waktu luang, gunakan untuk melakukan sesuatu yang disuka.

4. Bantu Anak Belajar Memahami Emosinya

Alih-alih membentak, menghakimi, atau menyalahkan anak, coba bimbing dan bantu ia untuk memahami emosinya. Ajak komunikasi tanpa harus menghakimi. Dengan begini, kita pun tanpa disadari juga akan belajar untuk bisa mengendalikan emosi dengan lebih baik.

Sebagai orang tua, kita tak pernah bisa berhenti belajar. Selalu saja ada hal-hal yang harus kita pelajari dari awal. Mengasuh dan mendidik anak memang butuh bekal pengetahuan yang mendalam.

Bunda, yuk kita belajar jadi orang tua yang lebih bijak lagi. Demi masa depan dan tumbuh kembang anak yang baik, kita lakukan yang terbaik juga dengan peran kita sebagai ibu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading