Sukses

Parenting

Sudahkah Kamu Mendoakan Ibumu Hari Ini?

Ladies, ketika memulai aktivitas hari ini, adakah di dalamnya terselip doa darimu untuk Mama? Apapun jawabanmu, kamu harus tahu bahwa kamu akan selalu berada di dalam doanya. Ingatlah juga bahwa semua keberuntungan yang kamu miliki adalah salah satu wujud doa itu dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa.

Dengan semua yang sudah diberikannya, tidak salah jika kamu memberinya ucapan "Selamat Hari Ibu" di tanggal 22 Desember ini. Ungkapkanlah rasa sayang dan syukur kamu atas semua yang sudah diberikannya padamu. Biarkan saja jika ada air mata yang menetes ketika mengucapkannya. Karena percaya atau tidak, semua yang berhubungan dengan ibu akan membuat batin terdalammu bergetar.

Hal ini ditegaskan oleh psikolog keluarga dari Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo. "Setiap kali kita bicara soal ibu, suara akan mulai bergetar dan terkadang air mata mulai menetes," ujar Vera ketika ditemui di bilangan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo. | Foto: dok. Vemale/Zika Zakiya

Kenangan terdalammu dengan ibu biasanya berkaitan dengan suatu kejadian remeh tapi membekas. Umumnya berkaitan dengan perannya yang memberi ucapan ataupun sentuhan yang menyejukkan. Dikatakan Vera bahwa kekuatan sentuhan ibu memang luar biasa. "Sentuhan ibu melembutkan dan menjadi dasar hubungan anak dengan orang lain. Semua dimulai di dua tahun pertama usia anak," kata Vera.

Pernyataan ini ditegaskan oleh penelitian Brauer, Xiao, Poulain, Friedrici, dan Schimer tahun 2016, disebutkan bahwa anak yang lebih sering mendapat sentuhan ibu akan memiliki tingkat kemampuan emosi dan sosial yang lebih tinggi ketika dewasa. Jadi, apa yang menjadikan kamu sekarang, didasari oleh hubunganmu dengan ibu di masa kecil.

Masalahnya, wanita yang sudah menjadi ibu kerap lupa bahwa mereka dulunya adalah seorang anak. Sehingga melupakan bahwa ada masih ada ibu yang bisa memberikannya masukan dan kasih sayang yang tak berkurang. Apakah kamu salah satu di antaranya?

Oke, selesai membaca artikel ini, yuk pejamkan mata sejenak. Ucapkan doa terbaik untuk ibu dalam hatimu. Syukurilah bahwa napasnya dulu membawamu ke dunia, cintanya membuatmu hadir sebagai manusia sempurna. Selamat Hari Ibu, Mama!

(vem/zzu/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading