Sukses

Parenting

Jadi Ibu Memang Tak Mudah Tapi Pengalamannya Luar Biasa Indah

Jadi ibu adalah impian sebagian besar wanita. Seperti kisah yang ditulis sahabat Vemale ini untuk mengikuti Lomba Bangga Menjadi Ibu. Sempat kehilangan buah hati pertamanya, kini ia mendapat kesempatan kedua menjadi ibu. Meski capek dan tak mudah, semua pengalaman yang ia dapat saat menjadi ibu sangatlah berkesan dan tak terlupakan.

***

Sebelum mulai cerita momen bangga jadi ibu, saya mau perkenalan dulu. Jadi nama saya Sinyo Trikusumasari. Rumah saya di kota Metro, provinsi Lampung dan foto bayi di bawah ini adalah anak kesayangan kami, putra kami yang bernama Reyvan Avredo Alaric.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

Menjadi seorang ibu itu adalah impian semua wanita di dunia ini, termasuk saya. Sebenarnya Reyvan ini anak saya yang ke-2, tapi kini Reyvan jadi yang pertama. Karena putri pertama saya lebih disayang sama Allah jadi si kecil sudah pergi meninggalkan kami semua saat baru melihat dunia 2 hari. Saat itu ia memang terlahir prematur jadi ya sudah takdir dan kami mengikhlaskan si kecil untuk berada di sisi Allah, karena itu tempat terbaik buat si kecil.

Saat mengetahui saya hamil kembali, itu merupakan momen paling membahagiakan apalagi setelah kami sempat kehilangan putri pertama. Saat hamil Reyvan, si kecil ini semasa di kandungan sudah manja, setiap hari morning sickness sampai trisemster pertama. Belum lagi saya nggak bisa makan nasi. Setiap ketemu nasi langsung mual jadi cuma makan biskuit dan roti gandum.

Pernah ada momen lucu saat itu tengah malem, saya nyidam pengen banget es cendol hahaha, suami sempet ngomel-ngomel mau cari dimana coba malem-malem es cendol. Tapi alhamdulillah, waktu itu ada tetangga yang punya warung soto sama pecel gitu sekaligus jual es cendol. Jadi malem-malem suami saya ke rumah Bude Suhar namanya, minta dibuatin es cendol, untung udah ada bahan-bahannya karena memang udah disiapin buat jualan siang harinya, hihihi.

Memasuki usia 8 bulan itu perut udah mulai besar, jalan udah kayak pinguin. Tidur udah mulai bingung cari posisi biar nggak nyakitin dedek bayi di perut. Masuk bulan ke-9 saya konsultasi sama dokter kandungan, apa bisa lahir normal? Tetapi dokter bilang saya harus melalui proses caesar karena kondisi bayi dan kesehatan saya tidak memungkinkan melalui proses normal.

Akhirnya tanggal 14 Juli 2014 si kecil lahir, dengan berat 2,9 kg dan panjang 42 cm. Seneng banget rasanya apalagi lahir dengan sehat. Apalagi pas denger dia nangis untuk pertama kali, bahagianya nggak karuan lah. Sayangnya si kecil cuma bisa ngerasain ASI selama 2 minggu, karena ASI say bermasalah, nggak pernah keluar lagi. Dan Reyvan cuma bisa minum susu formula. Tapi meskipun cuma minum susu formula dia sehat dan pertumbuhannya juga baik.

Menjadi seorang ibu itu memang butuh pengorbanan dan kesabaran. Tengah malem si kecil nangis karena haus, baru tidur sebentar udah nangis lagi karena ngompol. Belum lagi kadang rewel nggak mau tidur ngajak begadang bapak ibunya. Tapi itulah momen-momen yang nggak bisa dilupain. Baru tidur bentar udah adzan subuh, memang jadi ibu itu harus wajib strong, harus bisa bagi waktu antara ngurus rumah sama ngurus dedek bayi. Semua rasa lelah itu terbayar saat bisa liat senyum si kecil dan dia bisa tumbuh dengan sehat.

Ini saat Reyvan baru usia 3 hari, masih imut baru bisa nangis dan masih suka tidur. Buat buka mata aja masih males banget. Kadang suka gemes dicium-cium dulu biar dia nangis.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

 

 Ini Reyvan usia 1,5 bulan pipinya chubby banget, gemes suka digigit-gigit.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

 

Ini usia 5 bulan udah bisa tengkurep. Udah mulai bisa ngomong, "Mam mam mam." Ini dia baru mandi dan sadar ada kamera.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

Ini usia 6 bulan, udah bisa mainan sendiri, kalau mau tidur harus megang benda-benda yg berbulu halus boneka ataupun bantal guling kecil.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

Dan ini ulang tahun pertama si kecil, dia udah bisa jalan dan mulai aktif buat lari-lari walaupun sering jatuh dan akhirnya nangis.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

Reyvan udah 20 bulan, udah lancar bicara nya dan lebih-lebih butuh perhatian karena lebih aktif lari-larian. Udah minta sekolah PAUD.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

Ini dia diajak Pakdenya main ke sawah.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

Ini dia udah bisa mainan sepeda, udah bisa gowes sendiri.

Foto: dok. Sinyo Trikusumasari

Menjadi ibu memang tidak mudah, tapi menjadi ibu merupakan pengalaman yang sangat-sangat menyenangkan dan tak terlupakan. Mulai dari hamil harus merasakan morning sickness, susah tidur karena perut mulai membesar, belum lagi harus melewati proses melahirkan yang benar-benar butuh perjuangan, hingga begadang malem-malem karena harus ganti popok. Tapi semua itu terbayarkan saat melihat pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang sungguh luar biasa.

I Love You My Angel, Reyvan Avredo Alaric

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading