• HOME
  • INSPIRING
  • BODY & MIND
  • RELATIONSHIP
  • KULINER
  • FASHION
  • PLUS
  • ZODIAK
  • RAGAM
/relationship/karier/79066-1-dari-3-wanita-pernah-mengalami-ini-di-tempat-kerja.html

1 dari 3 Wanita Pernah Mengalami Ini di Tempat Kerja

Selasa, 24 Februari 2015 12:20

Foto: copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Bekerja di kantor bukan berarti bebas dari risiko terkena pelecehan seksual. Di tempat kerja pun, seorang wanita bisa jadi korban pelecehan seksual. Dan pelaku pelecehan itu seringkali tak jauh dari rekan kerja sendiri.

Dilansir dari cosmopolitan.com, 1 dari 3 wanita berusia 18-34 tahun pernah mengalami pelecehan seksual di tempat kerja. Dan ada beberapa wanita yang tak menyadari bahwa tindakan yang dilakukan orang lain terhadap mereka adalah bentuk pelecehan seksual. 16 persen wanita menjawab "tidak" ketika ditanya apakah mereka dilecehkan secara seksual di tempat kerja, tapi mereka menjawab "ya" saat ditanya apakah mereka mengalami perlakuan yang seksis.

Ladies, tahukah Anda bahwa pelecehan seksual itu bentuknya bisa bermacam-macam. Tak hanya pelecehan secara fisik tetapi juga pelecehan secara lisan.

Pelecehan Lisan dan Fisik
81 persen dari 2.000 responden dalam survei tersebut mengatakan bahwa pelecehan seksual yang mereka alami adalah dalam bentuk komentar lisan (verbal). Panggilan tak senonoh dan sebutan-sebutan yang berbau seksual yang dilontarkan kepada wanita juga merupakan bentuk pelecehan seksual.

Sementara 44 persen mengatakan bahwa mereka mengalami pelecehan seksual dalam bentuk sentuhan tak senonoh. Dan 25 persen mengatakan mereka menerima teks atau email dengan kalimat-kalimat cabul.

Pelaku Pelecehan Seksual
75 persen kasus pelecehan seksual di tempat kerja dilakukan oleh pria. Dan dalam sebuah survei dari Associate of Women for Action and Research, wanita dalam survei tersebut lebih sering dilecehkan oleh orang dengan status atau jabatan yang sama.

Yang Paling Rentan Mengalami Pelecehan Seksual
Wanita yang bekerja di industri makanan dan perhotelan adalah yang paling rentan mengalami pelecehan seksual, yaitu 42 persen dari responden dalam survei. 66 persen pegawai mengalami pelecehan yang dilakukan oleh manajemen, dan 80 persen pernah dilecehkan oleh rekan kerja dan pelanggan.

Rupanya tak semua wanita mau melaporkan tindakan pelecehan seksual yang mereka terima. Faktornya beragam, mulai dari rasa malu, tak percaya diri, takut dikira berbohong, dan belum lagi dengan risiko dipecat dari kantor.

Ladies, jika Anda mengalami pelecehan seksual di kantor, sebaiknya Anda segera melaporkan tindakan tersebut. Demi kebaikan Anda dan juga agar pelaku tak mengulangi kesalahan yang sama.

INTIP INFO MENARIK INI JUGA

Pengakuan Brigadir Dewi Soal Meme-Meme Dirinya Yang Sedang Hits

Puteri Indonesia 2015 Dimenangkan Oleh Wanita Jawa Tengah, Anindya Kusuma Putri

Tidak Direstui, Wanita Ini Tidak Mengundang Orangtuanya Dalam Pernikahan

Balita Terjatuh Dari Lantai 3, Beruntung Dia Masih Bisa Berjalan dan Sehat

Berhenti Bekerja, Fotografer Ini Keliling Dunia Mengabadikan Kecantikan Wanita Berbagai Negara

Kisah Tragis Ibu Mengabaikan Bayinya Yang Sakit dan Terluka

(vem/nda)


REKOMENDASI PILIHAN
Anak Artis Season 3 Ada Apa Dengan Yogyakarta

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE