Sukses

Parenting

4 Fase Perubahan Payudara, Dari Masih Perawan Hingga Punya Anak

Perempuan akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya ketika menginjak masa pubertas. Payudara akan tumbuh besar, terlihat padat namun lembut ketika disentuh. Saat inilah kamu terlihat sebagai wanita. Tapi payudara tak akan selamanya punya bentuk yang sama lho ladies.

copyright by junebugsmumma.com

Fase 1
Payudara yang sudah mencapai "usia dewasa" (sebelum masa kehamilan dan menyusui) umumnya montok, padat berisi membusung dan memiliki daya tarik seks yang kuat. Penampilannya menarik, bahkan jika kamu tak memakai bra, payudara tak akan berubah turun, kamu tetap bisa merasakan gerakan halus naik turun payudara saat berjalan atau melompat kecil.

copyright by junebugsmumma.com

Fase 2
Saat kamu hamil, payudara juga akan mengalami perubahan. Biasanya payudara akan membesar, lebih padat dan lebih bulat. Bagian gelap, areola, juga lebih terlihat dan puting pun besar. Jaringan dalam payudara akan berkembang dan akan lebih banyak pembuluh darah di dalamnya. Payudara dipengaruhi hormon mempersiapkan diri memproduksi air susu untuk bayi.

copyright by junebugsmumma.com

Fase 3
Saat setelah melahirkan bayi, payudara akan segera mengeluarkan air susu. Dan uniknya, terkadang payudara kiri dan kanan tidak sama bentuk dan besarnya. Payudaramu akan padat dan keras jika dipenuhi air susu, dan bahkan seringkali terlihat stretchmark dan seperti akan pecah karena munculnya pembuluh darah vena kehijauan di permukaan kulit. Tapi tenang, hal ini sangat wajar. Kamu akan kesulitan berpakaian dengan payudara seperti ini, karena selain tak sama besar, juga sering merembes keluar air susu.

copyright by junebugsmumma.com

Fase 4
Masa setelah menyusui. Payudara tak lagi memproduksi air susu dalam jumlah banyak, dan karena hal inilah, yang tadinya payudara sangat besar, kini akan mengecil dan mengendur. Bukannya kembali seperti semula seperti saat kamu masih perawan, payudara biasanya akan sedikit turun.

Tapi tak masalah, segala perubahan yang akan kamu hadapi, sedang kamu hadapi atau telah kamu hadapi ini punya banyak makna yang tentu membuat kehidupanmu lebih bermakna. Payudara tetap indah bagaimana pun bentuknya, so be proud of it, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading