Sukses

Parenting

Saat Sakit Ibu Menyusui Boleh Memberi ASI, Tapi Ada Aturannya

Hal yang lumrah jika seorang ibu bisa jatuh sakit di tengah kesibukannya merawat bayi. Dan jadi dilema tersendiri ketika kita sedang dalam keadaan menyusui atau memberi ASI eksklusif. Saat sedang sakit, bolehkah memberi ASI? Bagaimana kalau nanti si kecil jadi ikutan sakit karena kita sebagai ibu yang menyusuinya sedang dalam keadaan sakit?

Tapi ternyata kita masih bisa memberikan ASI saat kita sedang sakit, Moms. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, ASI mengandung protein yang disebut antibodi yang dapat melindungi bayi dari penyakit dan infeksi. Jadi, secara umum kita masih bisa memberi ASI saat diri kita sedang sakit. Tapi tentu ada aturannya.

Penting untuk dicatat jika sakitnya berlangsung lebih dari tiga hari dan kondisi tubuh terus memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat dan penanganan yang tepat. Saat berobat, jangan lupa untuk memberitahu dokter kalau Moms sedang dalam masa memberi ASI untuk si kecil, ya. Sehingga nanti bisa mendapatkan obat yang lebih tepat.

Menyusui Saat Moms Kena Flu atau Pilek

Saat sedang flu atau pilek, batasi kontak langsung dengan bayi. Bisa juga minta bantuan pada seseorang untuk memberi ASI yang sudah disimpan dalam botol. Selalu cuci tangan dengan sabun hingga bersih sebelum menyentuh atau menggendong bayi. Jangan bersin atau batuk di dekat bayi. Letakkan selimut bersih antara tubuh Moms dan si kecil saat menggendongnya. Sebelum menyusui, bilas atau bersihkan payudara dengan sabun lembut dan air hangat. Hindari berbagi gelas, selimut, handuk, bantal, atau guling dengan bayi sampai kondisi Moms sudah benar-benar membaik.

Menyusui Saat Moms Kena Diare

Kunci penting menyusui saat Moms kena diare adalah menjaga kebersihan. Kalau Moms khawatir produksi ASI berkurang saat sakit, pastikan mencukupi kebutuhan air dengan baik. Jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Untuk meredakan gejala diare, kurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula atau pemanis buatan berlebih. Kalau Moms mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri, minta resep ke dokter untuk menggunakan antibiotik yang aman untuk ibu menyusui.

Menyusui Saat Moms Mengalami Radang Tenggorokan

Jika Moms sedang mengalami radang tenggorokan, selalu cuci tangan dulu sebelum menggendong bayi. Hindari kontak empat mata (face to face) dengan si kecil. Untuk meredakan radang tenggorokan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan, mulai dari minum air hangat lemon, berkumur dengan air garam, hingga mengonsumsi kencur segar.

Memang lebih aman untuk berkonsultasi dengan dokter jika Moms sakit saat masih dalam masa memberi ASI. Jika Moms diberi obat oleh dokter, biasanya disarankan untuk minum obat setelah Moms memompa ASI dan menyediakan persediaan ASI untuk si kecil terlebih dahulu. Dengan kata lain, kurang disarankan memberi ASI setelah Moms mengonsumsi obat untuk meredakan penyakit.

Biasanya kita memang akan dilanda rasa cemas dan khawatir ketika masih harus memberi ASI padahal tubuh dalam kondisi sakit. Tapi pasti selalu ada solusi atau jalan keluar dari setiap masalah tersebut.

 

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading