Sukses

Parenting

ASI Bantu Turunkan Risiko Asma Bayi dan Anak

Vemale.com - Pada artikel sebelumnya, tim kami sudah memaparkan beberapa hasil penelitian yang berhubungan dengan manfaat ASI pada tumbuh kembang anak. Antara lain metabolisme bayi yang lebih baik dan meningkatkan kecerdasan. Tak berhenti hingga di situ, sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa pemberian ASI pada bayi dapat melindungi mereka dari sesak napas dan batuk kering pada usia empat tahun pertama, serta menurunkan risiko terkena asma di kemudian hari.

Berdasarkan laporan yang ditulis dalam The Daily Telegraph di Inggris, bayi yang tidak diberi ASI sebanyak 50 persen lebih rentan untuk mengembangkan gejala-gejala asma dibandingkan bayi yang mendapat ASI. Penelitian ini dilakukan oleh Erasmus Medical Centredi Belanda. Mereka meneliti lebih dari 5.000 anak untuk meneliti mereka.

Pada anak-anak yang tidak mendapat ASI ketika bayi, sebanyak 50 persen dari mereka mengeluarkan dahak terus menerus. Sedangkan 40 persen mengalami mengi (suara yang muncul saat bernapas karena saluran pernapasan yang tidak lancar). Anak-anak yang dalam penelitian tidak mendapat ASI juga dilaporkan lebih sering mengalami sesak napas dan batuk kering dalam usia empat tahun pertama.

Para peneliti menyimpulkan bahwa pemberian ASI dapat mengurangi risiko bayi dan anak-anak dari serangan pilek yang serius serta infeksi yang disebabkan virus flu. Menurut Agnes Sonnenschein-van der Voort pada The Daily Telegraph, penelitian lebih lanjut masih tetap akan dilakukan untuk semakin memperdalam dan mencari tahu efek perlindungan ASI pada berbagai jenis serangan asma.

Selain dapat melindungi bayi dan anak-anak dari serangan flu, batuk dan sesak napas, The Daily Telegraph juga melaporkan penelitian terakhir yang menunjukkan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko bayi terkena infeksi dalam usia enam bulan pertama. Selain itu, ditemukan juga penurunan risiko obesitas pada anak-anak dan peningkatan kecerdasan pada anak-anak yang diberi ASI. Makin lengkap bukti yang memaparkan manfaat ASI, jadi tak ada alasan untuk tidak memberikannya pada bayi.

(vem/wsw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading