Sukses

Parenting

Labu Siam, Sayur Sederhana Yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Labu Siam bukanlah sayuran asing bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Labu siam dikenal dengan beberapa nama, di antaranya labu jipang (Jawa Tengah), manisa (Jawa Timur), serta waluh siam (Jawa Barat). Di dunia internasional, sayuran ini dikenal dengan nama chayote.

Dalam kehidupan sehari-hari, labu siam dikenal sebagai sayuran yang menyehatkan. Sebab sayuran yang murah harganya ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan organ tubuh kita, seperti jantung. Selain itu, labu siam juga memiliki manfaat untuk menangkal kanker dan sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Labu siam memiliki kandungan serat yang tinggi, yakni sekitar 1,7 gram dalam 100 gram buahnya. Nah, jumlah serat yang tinggi inilah yang membuatnya baik untuk dikonsumsi oleh wanita, khususnya ibu hamil. Sebab, saat hamil wanita akan sering mengalami sembelit dan labu siam merupakan solusi alami dan efektif untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Selain itu, seperti dilansir dalam laman www.nutrition-and-you.com, labu siam juga tinggi asam folat. Kandungan asam folat pada buah labu siam sekitar 93 milikilogram per 100 gram buahnya. Konsumsi 100 gram labu Siam cukup untuk memenuhi 23,25 persen kebutuhan tubuh akan asam folat.

Asam folat ini merupakan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil . Sebab, cukup asupan asam folat akan mengurangi resiko kelahiran bayi cacat. Sementara kurangnya konsumsi asam folat pada ibu hamil akan menyebabkan berat bayi lahir lebih rendah dan menyebabkan adanya neural tube defects (gangguan otak).

Kebutuhan asam folat pada orang dewasa adalah 400 milikilogram per hari. Kebutuhan ini menjadi dua kali lipat pada ibu hamil, dan bertambah 50 persen pada ibu yang sedang menyusui.

Selain itu, labu siam juga kaya akan kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul syaraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar.

Ibu hamil yang rentan mengalami hipertensi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi labu siam ini, agar tekanan darahnya lebih seimbang dan stabil.

Nah, dengan segudang manfaat dari labu siam ini Bunda tentu sudah tidak perlu ragu untuk segera mengonsumsi sayuran super ini ya? Semoga informasi ini membuat kehamilan Anda semakin sehat dan lancar sampai melahirkan nanti.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading