Sukses

Parenting

Amankah Makan Sushi Saat Hamil?

Selama masa kehamilan, kesehatan kita sangat rentan mengalami gangguan, baik yang disebabkan oleh gangguan dari dalam tubuh kita sendiri, maupun gangguan yang disebabkan oleh faktor dari luar tubuh seperti makanan. Selama masa kehamilan, Bunda sangat disarankan untuk memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Sebab, selain menjadi sumber energi utama bagi Anda dan janin dalam kandungan, makanan juga dapat menjadi sumber masalah bagi kesehatan Anda dan calon bayi Anda.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi selama masa kehamilan salah satunya adalah keju atau produk susu mentah yang belum terpasteurisasi. Dilansir dari laman www.babycenter.com, keju dan produk susu yang belum dipasteurisasi atau dipanaskan selama 30 menit sampai mencapai suhu 85 – 95 derajat celcius bisa membawa sejumlah bakteri, seperti Listeria, Salmonella, E. coli, dan lain-lain, yang dapat memicu terjadinya masalah dalam kesehatan kita.

Selain dapat memicu terjadinya masalah pada kesehatan, bakteri seperti  Listeria juga dapat menyebabkan Anda mengalami keguguran, kelahiran premature, bahkan keracunan dalam darah. Wah.

Selanjutnya, bagi Anda pecinta sushi, sebaiknya pilih sushi matang daripada sushi mentah. Sebab, sushi mentah ataupun setengah matang dapat membawa bibit penyakit yang berbahaya bagi janin.

Meski kemungkinan untuk terserang infeksi akibat memakan sushi cenderung kecil, tapi konsekuensi yang mungkin dapat ditimbulkan jika Anda nekat mengonsumsinya juga cukup parah sehingga akan membuat Anda berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk benar-benar mengonsumsinya.

Infeksi parasit dari ikan salmon mentah pada menu sushi memicu timbulnya masalah kesehatan pada hati dan sistem pencernaan Anda, sehingga dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Beberapa infeksi parasit ini bahkan dapat mengakibatkan anemia dan kekurangan gizi serius pada calon ibu yang bisa saja memicu terjadinya keguguran.

Selain ikan salmon, ikan laut lainnya seperti mackerel, bluefish, serta tuna juga dapat membawa racun histamin yang dapat menyebabkan peradangan pada mulut dan tenggorokan, serta pusing.

So, pastikan agar Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang Anda konsumsi ya. Demi kesehatan Anda dan janin, tidak ada salahnya jika Anda menahan diri dari kesenangan menyantap makanan-makanan yang berpotensi membahayakan kesehatan Anda dan janin.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading