Sukses

Parenting

5 Tips Penting Agar Tidur Nyenyak di Trisemester III Kehamilan

Memasuki trisemester ketiga kehamilan, Bunda akan mulai mengalami rasa tidak nyaman karena kondisi perut yang semakin membesar. Ketidaknyamanan ini umumnya akan semakin terasa terutama saat tidur. Dengan kondisi perut yang semakin membesar, Anda akan merasa kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman yang dapat membuat Anda tertidur dengan nyenyak.

Masalah yang paling umum terjadi ketika Anda mencoba menemukan posisi tidur yang pas saat kehamilan semakin membesar adalah pergerakan bayi yang mulai menendang akan membuat Anda kesulitan untuk tidur dengan nyaman. Selain itu, gejala-gejala seperti kram pada kaki, sakit punggung, mendengkur juga akan membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Akibatnya, Anda akan mengalami gangguan tidur yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan Anda dan calon bayi dalam kandungan.

Dilansir dalam laman www.momjunction.com, posisi tidur terbaik saat Anda memasuki trisemester ketiga kehamilan Anda adalah dengan memiringkan badan ke arah kiri. Posisi tidur miring ke sisi kiri ini akan melancarkan aliran darah dan nutrisi untuk calon bayi di dalam perut Anda. Selain itu, posisi tidur miring ke kiri ini juga akan melindungi Anda dari gejala-gejala yang tidak diinginkan selama masa kehamilan, seperti mual dan muntah.

Selain posisi tidur miring ke kiri, berikut adalah 5 tips penting yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak selama trisemester ketiga kehamilan Anda.

    Gunakan Baju Longgar

    Gunakan pakaian tidur yang longgar, terutama pakaian dari bahan katun. Pakaian tidur berbahan katun akan membantu menyerap keringat Anda saat tidur, sehingga Anda akan terhindar dari rasa tidak nyaman akibat kepanasan karena keringat. 

    Selain itu, Anda juga perlu menghindari konsumsi makanan-makanan pedas saat makan malam. Makanan-makanan pedas akan membuat jantung Anda berdebar lebih kencang dan membuat Anda gerah, sehingga akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman.

    Lakukan Relaksasi

    Lakukan relaksasi 15 menit sebelum Anda tertidur. Relaksasi ini dapat Anda lakukan dengan melakukan gerakan-gerakan ringan yoga. Hal ini berguna tidak hanya untuk membuat tubuh menjadi rileks dan aliran oksigen dalam darah menjadi lebih lancar, tetapi juga akan membantu Anda menenangkan pikiran dari gangguan-gangguan pikiran buruk.

    Gunakan Bantal

    Gunakan bantuan bantal agar Anda mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Jika memungkinkan, gunakanlah bantal khusus ibu hamil yang banyak dijual di toko perlengkapan ibu dan balita.

    Pilih Tempat Tidur yang Nyaman

    Pilih tempat tidur yang membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda merasa tidak nyaman tidur di atas kasur, Anda bisa memilih sofa empuk di ruang tamu atau ruang keluarga rumah Anda.

    Matikan Lampu

    Matikan lampu saat tidur.Produksi hormon melatonin akan meningkat saat Anda tertidur dalam kondisi gelap. Hormon ini bertanggungjawab untuk membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. So, jika Anda ingin mendapatkan tidur nyenyak saat trisemester ketiga kehamilan, cobalah untuk tidur dengan memadamkan lampu.

Nah, itulah 5 tips penting agar Anda dapat tidur dengan nyenyak dengan kondisi perut yang semakin membesar. Semoga Anda bisa tidur dengan nyenyak malam ini ya, Bunda. Karena, tidur cukup dan berkualitas berperan penting dalam menjaga kesehatan Anda dan juga bayi dalam kandungan Anda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading