Sukses

Parenting

Perubahan Fisik Ibu Pada Tiga Bulan Awal Kehamilan

Saat hamil adalah saat terjadinya perubahan fisik terbesar yang dialami oleh seorang wanita. Perubahan-perubahan tersebut terjadi karena tubuh mereka melakukan berbagai macam penyesuaian untuk membantu pertumbuhan bayi. Ada beberapa perubahan fisik ibu hamil yang tidak terlalu berpengaruh dan ada juga yang dirasa cukup mengganggu.

Berikut ini akan ditelusuri apa saja sih yang terjadi di awal kehamilan, lebih spesifik pada tiga bulan pertama masa kehamilan yang dilansir dari web Dokita. Yuk kita cek, Ladies!

Pendarahan

Pendarahan pasti terjadi pada awal kehamilan. Tapi, jika darah yang keluar sangat banyak dan disertai rasa nyeri, segera periksakan ke dokter ya, dikhawatirkan terjadi keguguran.

Nyeri Payudara

Rasa nyeri ini muncul karena tubuh sedang mempersiapkan saluran susu. Anda bisa menggunakan bra yang longgar atau berbusa untuk mengurangi rasa sakit.

Sembelit

Peningkatan hormon saat hamil membuat kerja usus menjadi lambat dan dapat menimbulkan sembelit. Banyak makan makanan berserat dan minum air putih dapat mengurangi gejala ini.

Keputihan

Setiap wanita hamil pasti mengalami keputihan. Namun, jika keputihannya berbau busuk, berwarna dan jumlahnya terlalu banyak, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter.

Kelelahan

Saat hamil, ibu pasti merasa sangat lelah karena tubuh bekerja lebih keras dari biasanya. Beristirahat dan mendapat asupan zat besi yang cukup dapat menjaga stamina ibu saat sedang hamil.

Sering Buang Air Kecil

Saat hamil, ibu akan sering buang air kecil karena kantung kemihnya tertekan. Tapi, jangan sampai mengurangi konsumsi air putih ya, air sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu maupun bayi.

Maag

Saat hamil, kerja hormon membuat makanan tidak segera sampai di lambung. Makanlah sedikit-sedikit tapi sering untuk mengatasi masalah ini.

Morning Sickness

Morning sickness adalah gejala paling umum dari kehamilan yaitu rasa mual dan ingin muntah. Meskipun disebut morning sickness, rasa ini sebenarnya bisa terjadi sepanjang hari.

Berat Badan

Saat hamil, berat badan ibu akan bertambah. Tapi, usahakan beratnya naik dengan wajar, yaitu sekitar 1,4-2,8 kg. Namun, ada baiknya jika Anda mengkonsultasikan lebih lanjut hal ini dengan dokter.

Itulah beberapa perubahan yang terjadi pada trimester awal kehamilan. Jadi, jangan bingung jika mengalami hal-hal tersebut di atas karena semuanya wajar terjadi. Namun, jika dirasa ada yang berlebihan atau kurang normal, segera konsultasikan ke dokter ya.

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading