Sukses

Parenting

10 Cara Untuk Mencegah Kemandulan

Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang tidak bisa hamil. Faktor gaya hidup menjadi salah satu pendukung terbesar yang belakangan ini menyebabkan banyak wanita yang sudah lama menikah tak kunjung dikaruniai anak.

Tetapi jangan panik. Sebelum divonis mandul, Anda bisa melakukan berbagai cara berikut ini untuk mencegah kemandulan.

Singkirkan stres

Stres adalah sumber utama berbagai macam penyakit. Dari penyakit yang tidak berbahaya, hingga penyakit yang berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Mencegah stres tidak bisa dengan hal-hal negatif seperti merokok atau minum minuman beralkohol. Ada banyak cara positif yang bermanfaat untuk mencegah stres ini datang mengganggu. Misalnya saja berolahraga, melakukan berbagai hobby menyenangkan, dan lain sebagainya.

Hidup sehat

Terlalu banyak penyakit yang disebabkan karena Anda tidak hidup sehat dan membiarkan aneka makanan masuk dengan bebas ke dalam perut. Untuk itu, pastikan Anda memilih makanan sehat dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari memilih makanan hanya karena harganya yang murah atau rasanya yang lezat saja.

Berat badan ideal

Biar gemuk asalkan sehat? Hmmm... gemuk termasuk bukan sehat lho, apalagi jika kelebihan berat badannya cukup banyak. Ada alasan mengapa orang harus selalu diet dan menjaga berat badan ideal. Alasannya adalah agar terhindar dari segala macam penyakit. Misalnya saja penyakit diabetes, kanker, keguguran, sulit hamil, dan lain sebagainya.

Mengecek silsilah keluarga

Cek silsilah keluarga, terutama orangtua dan saudara dekat. Apabila di antaranya pernah mengalami sakit seperti endometriosis, polycystic ovarian syndrom, menopause dini, hypothyroidism, maka Anda harus mengonsultasikan diri ke dokter soal kandungan Anda.

Melakukan tes lab

Ada serangkaian tes yang bisa dilakukan untuk mengecek kesuburan kedua belah pihak sebelum merencanakan kehamilan. Dari beberapa kondisi, bisa dicegah apabila memang ada resiko keguguran atau sulit hamil akibat penyakit tertentu.

Vaksinasi

Ambil rangkaian vaksinasi yang disarankan saat menikah, misalnya TT, atau vaksinasi untuk mencegah Campak Jerman atau biasa disebut dengan rubella.

Jangan tunda kehamilan terlalu lama

Menunda kehamilan terlalu lama juga tidak disarankan. Pada usia tertentu ada resiko yang berbahaya yang dapat mengancam kesehatan wanita. Bahkan di usia 30 akhir atau mendekati 40, wanita tidak disarankan untuk hamil.

Hindari rokok dan alkohol

Dua produk tersebut sudah memberikan peringatan kerasnya pada setiap orang yang akan mengonsumsi. Dapat menyebabkan kemandulan dan segala penyakit berbahaya lainnya. Dengan menghindari konsumsi terhadap rokok dan alkohol, perencanaan kehamilan akan jauh lebih mudah.

Konsultasi dengan dokter

Lakukan konsultasi dengan dokter sejak dini, jangan menunggu sampai terlambat atau ada tanda-tanda tertentu baru ke dokter. Memeriksakan kesuburan dan kondisi rahim akan jauh lebih membantu Anda mempersiapkan kehamilan sejak dini.

Berolahraga

Sangatlah penting menyeimbangkan aktivitas keseharian Anda, antara pekerjaan dan olahraga. Berolahraga secara teratur akan menjaga kondisi tubuh serta tetap membuat tubuh prima.

Selamat menjadi calon ibu. [initial]

BACA JUGA:

Penyakit Penyebab Keguguran

Tips untuk Mengatasi Nifas

Berapa Persen Kemungkinan Program Bayi Tabung Berhasil?

Persiapan Sebelum Proses Kelahiran

Sebab-Akibat Air Ketuban Terlalu Sedikit

Makanan Ini Bisa Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Bumil Terlalu Gemuk, Bahaya Bagi Berat Badan Bayi

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading