Sukses

Parenting

Cara Alami Cegah Stres Selama Masa Kehamilan

Selama ini, banyak penelitian yang menganjurkan agar wanita-wanita modern tidak sembarang mengonsumsi obat-obatan anti stres selama hamil. Banyak kasus di mana wanita hamil memiliki resiko stres yang cukup menyiksa dan memilih mengonsumsi obat anti stres.

Mengonsumsi sembarang makanan dan obat bisa membahayakan janin Anda. Meningkatkan resiko lahir cacat, komplikasi hingga autisme. Saat hamil memang bisa menjadi masa yang cukup berat bagi seorang wanita sehingga rawan stres.

Nah, bagi Anda yang merasa punya masalah dengan hal di atas, ada baiknya mencoba cara-cara alami ini untuk melawan stres dan depresi yang terjadi pada masa hamil.

1. Light Theraphy

Terapi cahaya adalah salah satu terapi yang direkomendasikan bagi mereka yang mengalami masalah stres, sulit tidur dan sejenisnya. Anda bisa menggunakan kotak cahaya atau sinar matahari untuk terapi cahaya ini. Atau, hubungi dokter maupun terapis Anda untuk mendapatkan tips terapi cahaya yang efektif sesuai kebutuhan Anda.

2. Akupuntur

Teknik akupuntur adalah salah satu teknik yang populer untuk meredakan masalah kesehatan. teknik pengobatan ala Timur ini juga sangat bagus untuk membantu Anda dari masalah stres saat hamil.

3. Olahraga

Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga bisa membantu Anda mengatasi stres yang berkepanjangan. Tubuh yang dilatih dengan olahraga akan memiliki metabolisme yang lebih bagus, peredaran darah yang lebih lancar dan tubuh yang lebih bugar.

4. Tidur

Setelah merasa lelah dan banyak pikiran seharian, Anda bisa istirahat sejenak dan tidur. Tips tidur bila anda sulit tidur di waktu hamil adalah dengan mengganti lokasi tidur Anda, menggunakan bantal tubuh, atau tidur di saat yang benar-benar Anda inginkan. Dengan begitu pikiran dan tubuh Anda akan beristirahat dengan baik.

5. Bergaul Dalam Kelompok

Anda bisa mencoba untuk sharing dengan sesama ibu hamil, mengikuti kelas yoga ibu hamil atau ikut penyuluhan dan bertemu dengan ibu hamil lainnya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan informasi dan bisa berbagi dengan sesama ibu hamil agar tidak stres dan lebih aktif.

Dengan mencoba tips di atas, Anda akan lebih mudah mengatasi masa-masa sensitif selama Anda hamil. Jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga Anda agar ikatan emosional tersebut bisa menolong Anda dari rasa sepi dan sedih.

Baca Juga

Cara Menyusui Tanpa Adanya Rasa Sakit di Puting

Tips untuk First-time Moms: Aktifitas Pendukung di Masa Kehamilan

USG 4 Dimensi Tawarkan Lebih dari Gambar

Tips Untuk First-Time Moms: Makanan & Minuman

Tes Penting Untuk Kesehatan Ibu Hamil

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading