Sukses

Parenting

Belajar Dengan Posisi Duduk, Bikin Bayi Pintar

Orang tua mana sih yang tidak mendambakan memiliki anak yang pintar?

Tahu tidak, kalau ternyata pintar itu bisa dibekalkan orang tua pada bayi. Para ilmuwan Amerika mencoba menemukan rumusan yang membantu orang tua agar bayinya pintar. Beberapa penelitian dilakukan dan ternyata ditemukan bahwa kedekatan psikislah yang membuat bayi jadi pintar.

Hasil penelitian ini ditemukan oleh psikolog Rebecca J Woods dari North Dakota, dan Teresa Wilcox dari Texas. Seperti dikutip dari Indiatimes, kedekatan psikis penting dibangun dengan bayi saat mengajarkan sesuatu. Dan posisi terbaik untuk mengajari bayi adalah saat si bayi duduk.

Peneliti melakukan beberapa eksperimen di mana orang tua mengajarkan hal yang sama, pada posisi bayi sedang belajar berdiri, tiduran, dan duduk. Di antara ketiga posisi tersebut, bayi yang ternyata tumbuh cerdas dan menangkap semua pelajaran dengan baik adalah si bayi yang belajar sambil duduk.

"Proses pembelajaran ini sangat penting dan ketika duduk, si bayi bisa melihat sebuah obyek dari sisi yang berbeda. Sehingga di sinilah mereka dapat belajar lebih cepat," ungkap dokter Rebecca.

Usia di mana bayi dapat menangkap pelajaran terbaik adalah usia 5,5 dan 6,5 bulan. Anda harus bisa mengajarkan beberapa hal dengan pattern yang sama. Biarkan pula mereka mengeksplorasi segala benda dengan indera perabanya. Di usia tersebut biasanya si bayi akan selalu penasaran dan menyentuh serta memasukkan seluruh benda ke mulutnya. Pada momen ini ia sedang belajar mengenal benda-benda di sekitarnya. Sehingga penting pula Anda memberikan pengawasan padanya.

Pelajaran kedua adalah saat ia sudah bisa merangkak dan berusaha berdiri. Ia akan meraih semua benda di sekitarnya yang membuat ia penasaran. Dan di sinilah saat yang tepat memperkenalkan beraneka bentuk mainan, mulai dari bentuk segitiga, bulat, persegi. Sehingga kemudian kedua otaknya juga lebih seimbang.

Di usia selanjutnya, ajarkan si anak untuk berdiri. Dan di sini Anda akan membekali anak untuk belajar satu hal lagi yang lebih maju. Optimalkan mengeksplorasi segala sesuatu yang ada di sekitarnya sehingga ia dapat mengenal berbagai bentuk dan benda.

Dengan dasar pembelajaran tersebut, saat dewasa si anak akan tumbuh menjadi sosok yang ingin tahunya besar dan akan mencari tahu jawaban dari rasa penasarannya. Dengan bimbingan orang tua maka bayi Anda yang pintar tumbuh menjadi anak yang cerdas. [initial]

BACA JUGA:

Ide Unik Foto Bayi, Aksi Seru di Atas Papan Tulis

Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Hamil

Cari Tahu Lima Mitos Dan Fakta Mengenai Buah Hati

7 Seleb Yang Saat Ini Sedang Hamil

Tips Atasi Mual Ibu Hamil

Dilahirkan Caesar Bikin Anak Obesitas?

Aduh Kok Ibunya Tega Sih Buang Bayi di Toilet?

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading